Peringati HUT ke-63, Guru dan Siswa SMAN 1 Purworejo Punguti Sampah Plastik di Jalan

PURWOREJO, Memperingati hari jadi ke-63, keluarga besar SMA Negeri 1 Purworejo menggelar kegiatan gerakan pengurangan sampah plastik dan penggunaan plastik, Jumat (10/8). Para guru dan siswa terjun langsung ke masyarakat melalui jalan santai sekaligus memungut sampah di sepanjang jalan yang dilalui, antara lain daerah Kelurahan Doplang dan Perumahan KBN Purworejo.
“Gerakan pengurangan sampah plastik dan penggunaan plastik menjadi rangkaian kegiatan dalam rangka HUT ke-63 SMA Negeri 1 Purworejo serta Hari Lingkungan Hidup. Ini sebagai wujud kepedulian SMA Negeri 1 Purworejo dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan,” kata Trisni Atmawati, Sabtu (11/8).
Sebelumnya, sosialisasi pengurangan penggunaan plastik juga dilakukan di Pasar Suronegaran Purworejo pada 3 Agustus lalu. Sejumlah siswa dan guru menukar plastik kresek yang dibawa pembeli dengan plastik serba guna yang ramah lingkungan.
Dalam aksi yang berlangsung sekitar setangah jam itu, plastik yang didapat dari para pembeli di Pasar Suronegaran diikat memanjang sambung menyambung sepanjang lebih kurang 50 meter.
“Kita juga memberikan sosialisasi kepada para pedagang. Aksi menukar plastik kresek merupakan gerakan untuk menyadarkan masyarakat agar mau menggunakan tas yang lebih ramah lingkungan dan mengurangi sampah plastik kresek,” sebutnya.
Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan, Eko Hendarto, menambahkan, kepedulian terhadap lingkungan telah menjadi budaya sejak lama di SMAN 1 Purworejo. Meningkatnya karakter peduli lingkungan yang dimiliki siswa menjadi modal penting SMAN 1 Purworejo untuk menjadi sekolah Adiwiyata Nasional. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *