Peringati HPN, Pewarta Purworejo Gelar Foging dan Larvasida di Kaliboto

BENER, Pewarta Purworejo bekerjasama dengan Dinas Kesehatan menggelar foging atau pengasapan nyamuk Aedes Aegypti dan larvadida di permukiman warga RT 3 RW 3 Desa Kaliboto, Kecamatan Bener dan ruang kelas MTs Negeri 2 Purworejo, Senin (10/2). Bakti sosial tersebut merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Pers Nasional ke-35 Tahun 2020.

Dalam kegiatan foging dan larvasida tersebut, Dinas Kesehatan menerjunkan sembilan petugas di bawah komando Triyo Darmaji, SKM. Mereka menyemprotkan asap ke sejumlah titik yang terindikasi jadi sarang nyamuk penyebab demam berdarah.

“Menurut laporan, di lingkungan RT 03 RW 03 Desa Kaliboto ada beberapa warga yang terserang DB. Tapi mungkin bukan DB, melainkan DD (demam dengue),” kata Triyo Darmaji.

Triyo mengungkapkan, sesungguhnya dalam pemberantasan nyamuk Aedes Aegypti, yang lebih diutamakan yaitu pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Yaitu kegiatan menguras, menutup dan menimbun.

Selain di lingkungan permukiman, foging juga dilakukan di ruang-ruang kelas MTs Negeri 2 Purworejo yang lokasinya juga di Desa Kaliboto. Di sekolah tersebut dilaporkan ada empat guru dan empat siswa yang terserang DB.

Camat Bener, Agus Widiyanto, mengapresiasi Pewarta Purworejo yang memilih wilayah Bener sebagai sasaran bakti sosialnya. Terlebih lagi jenis kegiatannya juga dinilai tepat karena sesuai dengan kebutuhan.

“Saya berharap kerjasama dan silaturahmi ini bisa terus dilakukan di masa-masa mendatang,” katanya.

Ketua Pewarta Purworejo Edi Suryana menyampaikan penghargaan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo yang telah mendukung kegiatan bakti sosial tersebut. Diharapkan kerjasama seperti itu terus dikembangkan.

Usai menggelar foging dan larvasida, dilanjutkan dengan anjangsana ke rumah keluarga almarhum Syaeful Anwar Zein (mantan wartawan Berita Yudha) dan almarhum Hari Wicaksono (wartawan RCTI). (Nas)

Tinggalkan Balasan