Peringati Hari Kartini, Peserta Upacara Kenakan Busana Jawa

PURWOREJO, Jajaran pegawai Setda dan Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Kartini, Selasa (17/4), mengenakan busana adat Jawa. Berbagai motif adat Jawa seperti kebaya kartini, kebaya modern, beskap, dan beskap lurik, mewarnai upacara.

Upacara yang diikuti semua karyawan dipimpin Wakil Bupati Yuli Hastuti, SH, berlangsung di halaman Setda Purworejo. Hadir pula unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, dan Ketua DWP Dra Erna Setyowati Said Romadhon.

Yuli Hastuti berharap agar peringatan itu tidak sekedar menjadi kegiatan seremonial yang ditandai dengan asesoris sanggul dan kebaya. Namun hendaknya bisa dijadikan sebagai momentum menumbuhkan motivasi diri untuk tampil sebagai Kartini-Kartini masa kini.

Menurut Wabup, April merupakan bulan yang istimewa bagi pergerakan emansipasi wanita. Karena tanggal 21 April merupakan hari lahirnya pejuang emansipasi wanita Indonesia yakni Raden Ajeng Kartini.

“Kini peranan dan kedudukan wanita Indonesia telah sejajar dengan kaum pria dalam berbagai bidang. Walaupun kita akui jumlahnya belum seimbang, namun hak dan kewajiban kaum pria dan wanita di Indonesia telah setara,”tegasnya.

Setelah upacara dilanjutkan lomba memasak nasi goreng yang diselelenggarakan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Setda. Menurut Ketua DWP Erna Setyowati Said Romadhon, lomba memasak nasi goreng khusus untuk pejabat eselon III yang laki-laki. Jumlah peserta 15 orang terdiri atas Kabag di Setda dan Kabid di BPPKAD. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *