Peringati Bulan Bahasa, MAN Purworejo Gelar Berbagai Lomba

PURWOREJO, Beragam lomba diadakan oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purworejo dalam rangka peringatan Bulan Bahasa dan Maulid Nabi Muhammad SAW. Selama tiga hari mulai Senin (19/10) hingga Rabu perwakilan siswa dari kelas X hingga XII memeriahkan lomba yang digelar di kampus MAN Jalan Yogya dengan menerapkan prokes ketat itu.

Ketua panitia kegiatan Farita Wijayanti, S.Pd mengatakan, lomba yang digelar yakni lomba menyanyi, pidato, story telling, membaca berita, dan mendongeng. “Berhubung pandemi, lomba diadakan selama tiga hari secara bergiliran, ” ujarnya.

Yang menarik, setiap lomba ada klasifikasi bahasa berdasarkan jenis lomba. Misalnya lomba menyanyi. Selain membawakan lagu wajib, setiap peserta juga harus membawakan satu buah lagu pilihan dengan bahasa yang berbeda.

Untuk kelas X lagu pilihan yakni lagu berbahasa Jawa, kelas XI bahasa Inggris, dan kelas XII bahasa Arab. Hal itu juga berlaku untuk lomba lainnya. Lomba diadakan di tempat berbeda di waktu yang sama. “Lomba nyanyi di aula, sedang lomba lainnya di kelas yang representatif,” ucap Farita.

Kepala MAN Purworejo Khoirul Umam, M.Pd

Kepala MAN Purworejo Khoirul Umam, M.Pd saat membuka acara seremoni dalam rangka Bulan Bahasa itu menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang diadakan selama tengah semester itu. “Tahun 2021 kita canangkan Madrasah Berprestasi baik akademik maupun non akademik,”

Untuk itu, MAN mempunyai tagline Tetap Berprestasi Meski Pandemi. Seperti pada lomba kali ini. Nantinya para juara lomba akan mewakili sekolah pada even yang diadakan di luar sekolah pada jenjang yang lebih tinggi. Disebutkan, MAN bertekad mengadakan dan mengikuti berbagai lomba untuk menggali potensi siswa.

Hal itu dibuktikan dalam beberapa waktu terakhir ini beberapa siswa menunjukkan prestasi di luar daerah, seperti Juara 3 Lomba Tahfidz Quran di Unimus Semarang.

Adapun hadiah bagi para juara nantinya akan diserahkan pada acara puncak Hari Santri, Kamis tanggal 22 Oktober. (Dia)

Tinggalkan Balasan