Peringatan Maulid Nabi, Arak-arakan Kuda Joget dan Permainan Abit Hibur Warga Baledono

PURWOREJO, Sedikitnya 21 kuda joget ikut memeriahkan arak-arakan khotmil Qur’an dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW oleh pengurus Mushola Al-Arifin atau lebih familiar disebut Langgar Endek, Kelurahan Baledono, Kecamatan Purworejo, Jumat (8/11) malam.

Selain kuda, arak-arakan juga diikuti puluhan becak, lima grup drum band, puluhan bendi dan ratusan santri TPQ Al Arifin. Kirab juga dimeriahkan dengan atraksi permainan api atau lazim disebut abit.

Tak urung arak-arakan tersebut menjadi hiburan tersendiri bagi warga masyarakat. Bahkan sudah sejak sore warga yang ingin menonton sudah memadati rute yang akan dilewati.

Rute arak-arakan yaitu start di depan Langgar Endek, Kampung Krajan, Kelurahan Baledono. Selanjutnya masuk ke jalan Pemotongan Hewan, Jalan Ahmad Yani ke selatan, masuk Jalan WR Supratman, belok kiri masuk Jalan Brigjen Wiyono (depan kantor Kelurahan Baledono) dan finis kembali di depan Langgar Endek.

Sepanjang rute yang dilalui, kuda-kuda yang dinaiki para santri khotmil Qur’an sesekali melakukan atraksi standing sambil berjalan sehingga semakin menghibur penonton.

Tak hanya itu, usai berkeliling, kuda-kuda itu diberi kesempatan satu persatu perform di depan langgar. Kirab juga sempat membuat macet arus lalu lintas di Jalan Ahmad Yani dan Pos Polisi Tugu arah ke Magelang. (W5)

Tinggalkan Balasan