Peringatan Hari Kartini Agar Jadi Momentum Kebangkitan Kaum Perempuan

PURWOREJO, Peringatan Hari Kartini merupakan inspirasi wanita Indonesia untuk bangkit dari keterpurukan, untuk bersama-sama mengambil peran penting dalam pembangunan bangsa. Banyak kaum perempuan kini yang memiliki peran besar di bidangnya masing-masing.

“Kepada perempuan-perempuan, ibu-ibu untuk tidak berpuas diri dengan berbagai keberhasilan yang telah dicapai, dan harus lebih berusaha, serta berjuang untuk lebih meningkatkan perjuangannya lagi dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas,”tegas Sekda Drs Said Romadhon pada Resepsi Peringatan Hari Kartini ke 140 Kabupaten Purworejo, Rabu (24/4) di pendopo kabupaten.

Lebih lanjut Sekda mengatakan, peringatan Hari Kartini merupakan salah satu wujud apresiasi kepada perempuan atas profesionalisme, dedikasi, kontribusi dan komitmen serta darma baktinya kepada keluarga, masyarakat dan bangsa.

Selain itu juga sebagai momentum untuk dapat melipatgandakan semangat dan motivasi perempuan agar terus meningkatkan kinerja yang terbaik.

“Tentu kita berharap, peringatan Hari Kartini tahun ini dapat menjadi momen kebangkitan kaum perempuan, untuk ikut berpartisipasi dan berusaha memberikan yang terbaik bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Purworejo,” harap Sekda.

Sementara itu Ketua panitia Any Retno Susanto dalam laporannya mengatakan, tujuan peringatan Hari Kartini untuk mendorong terwujudnya kesetaraan antara perempuan dan laki-laki dalam kehidupan berkeluarga bermartabat berbangsa dan bernegara.

Juga untuk meningkatkan kepedulian seluruh komponen masyarakat untuk mewujudkan lingkungan yang kondusif untuk perlindunagn perempuan dan anak. Termasuk untuk meningkatkan peran serta instansi pemerintah dan non pemerintah untuk menempatkan perempuan pada posisi pengambil kebijakan yang setara dan berkeadialn.

Kegiatan pendukung dalam rangka Hari kartini antara lain anjangsana ke warga kurang mampu, ziarah di Taman makam Pahlawan Projo Handoko Loyo yang dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan khusus wanita yakni tes IVA di Klinik Yonif 412 Purworejo, serta donor darah di PMI. (*)

Tinggalkan Balasan