Pengurus Dewan Ambalan SMK Kesehatan Purworejo Periode 2020-2021 Dilantik

PURWOREJO, Kepala SMK Kesehatan Purworejo Drs Nuryadin, M.Pd melantik 23 orang pengurus Dewan Ambalan Kepanduan Ahmad Yani Periode 2020-2021, Jumat (9/10). Acara yang diadakan di halaman SMK Kesehatan Jalan Kemuning itu selain diikuti oleh peserta yang dilantik, juga dihadiri oleh pembina Pramuka dengan protokol kesesehatan yang ketat yakni dengan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Usai melantik, Nuryadin menjelaskan, pengurus Dewan Ambalan kali ini merupakan siswa kelas XI yang terpilih melalui seleksi ketat yang dilakukan oleh pembina dan dewan ambalan periode sebelumnya.

“Mereka sebelumnya telah mengikuti seleksi secara online dan dilanjutkan dengan wawancara. Setelah itu mereka mengikuti diklat, dan hari ini mereka dilantik sebagai pengurus Dewan Ambalan,” ungkapnya.

Pada tradisi sebelumnya, lanjut Nuryadin, sebelum pelantikan bisanya mereka mengikuti acara perkemahan dan pada tengah malam dilantik. “Tapi karena masih dalam suasana pandemi maka acara hanya berupa pelantikan di hari ini (Jumat),” jelasnya.

Dituturkan Nuryadin, Pramuka merupakan kegiatan ekstra kulikuler wajib yang harus diikuti di setiap sekolah. Kegiatan ini, lanjutnya, bertujuan untuk menyiapkan kader lingkungan dan kader bangsa yang tangguh.

Nuryadin berharap agar kepengurusan periode tahun 2020-2021 ini dapat lebih baik dari sebelumnya. Selain itu ia juga berharap agar pengurus yang baru dilantik dapat menjaga kepercayaan yang diberikan oleh sekolah, teman-teman serta kakak kelas di kepanduan SMK Kesehatan.

“Tantangan menjadi semakin berat karena di era globalisasi ini banyak siswa yang malas mengikuti kegiatan Pramuka. Oleh sebab itu pembina dan Dewan Ambalan dituntut kreatif untuk dapat membuat acara yang diminati oleh siswa dan juga teman-temannya,” pesan Nuryadin kepada pembina dan pengurus Dewan Ambalan. (Dia)

Tinggalkan Balasan