Pengentasan Kemiskinan Jadi Agenda Penting DPRD Purworejo Tahun 2020

PURWOREJO, Pengentasan kemiskinan di desa-desa dan kelurahan miskin akan jadi agenda sangat penting Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purworejo pada tahun anggaran 2020 mendatang. Semua program dari pusat, provinsi hingga kabupaten akan dikerahkan untuk mengentaskan desa miskin jadi desa sejahtera.

“Dari pusat antara lain melalui Program Keluarga Harapan dan program peningkatan ekonomi lainnya. Begitu juga dari provinsi dan kabupaten, semuanya akan tertuju pada pengentasan kemiskinan,”tegas Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Luhur Pambudi Mulyono, ST, MM di ruang kerjanya, Kamis (4/7).
Dijelaskan, sedikitnya ada 47 jenis kegiatan yang berkaitan dengan program pengentasan kemiskinan yang sudah masuk ke Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2020.

Antara lain program peningkatan pendapatan rumah tangga miskin (RTM) dengan target sasaran 5.215 RTM, jaminan hidup untuk 130 penyandang disabilitas permanen, bantuan pemugaran rumah RTLH sebesar Rp 7,5 M, pemberantasan buta aksara, Jaminan Kesehatan Daerah untuk pembayaran klaim nonkuota sebesar Rp 2,25 M.

Selain itu juga program perbaikan gizi masyarakat, pembangunan jalan poros desa untuk mengakses perekonomian, fasilitasi penambahan dan perluasan jaringan listrik untuk keluarga miskin, penataan kawasan kumuh perkotaan dengan dana Rp 6 M tiap kelurahan.
Juga pemberian pelatihan dan permodalan bagi industri kecil seperti pengrajin gula kelapa organik, pengolahan komoditas agro, perikanan dan peternakan dan penanganan gelandangan, pengemis dan orang terlantar.

“Yang tak kalah pentingnya, fasilitasi pelaksanaan Program Keluarga Harapan untuk 35.000 KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Itu semua muaranya adalah mengentaskan warga miskin menuju sejahtera,”tandas Luhur Pambudi. (Nas)

Tinggalkan Balasan