Pemkab Purworejo Terapkan “Work From Home” untuk Sebagian ASN

PURWOREJO, Terhitung mulai Senin (23/3) hingga Selasa (31/3), sebagian Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo menjalankan kebijakan work from home (bekerja dari rumah) yang ditetapkan oleh Bupati Purworejo melalui surat edaran (SE) tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sistem kerja ASN dalam Upaya Pencegahan Covid 19 di Lingkungan Pemkab Purworejo.

Kabag Humas dan Protokol Setda Purworejo Rita Purnama, SSTP, MM saat dihubungi Purworejonews Selasa (24/3) menjelaskan, peraturan tersebut merupakan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan mempertimbangkan penyebaran virus yang semakin meluas.

Dalam SE Bupati Nomor 800/3344/2020 tertanggal 22 Maret itu antara lain disebutkan, pelaksana dalam satu seksi/subbidang/subbag sekurang-kurangnya hadir 50%. Selama menjalankan tugas di rumah, para ASN wajib mengaktifkan HP android sehingga produktivitas kinerja dapat berjalan efektif dan efisien.

Peraturan tersebut diberlakukan dalam dua tahap. Tahap 1 mulai tanggal 23 hingga 26 Maret, sedangkan tahap 2 mulai tanggal 27 hingga 31 Maret.

Namun demikian, dalam keadaan mendesak, mereka yang bekerja dari rumah dapat dipanggil kembali ke kantor. Para ASN juga dihimbau untuk bijak dalam menggunakan medsos.

Ketentuan work from home tidak berlaku untuk ASN di lingkungan BPPD, RSUD Tjitrowardojo, RSUD RAA Tjokronegoro, Dinkes, Satpol PP dan Damkar. Selain itu juga pejabat administrator di lingkungan Setda, serta anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Purworejo.

Selain itu, sejak tanggal 23 hingga 31 Maret, Setda mengeluarkan peraturan tentang pelaksanaan presensi pegawai. Absensi yang biasanya dilakukan dengan sistem online, kini dilakukan dengan sistem manual, dimana admin mensetting presensi pada posisi Force Majeur. Peraturan lainnya yakni tidak diberlakukannya apel pagi setiap Senin. (Dia)

Tinggalkan Balasan