Pemilos Online di SMA Negeri 7, M Royyan Ketua OSIS, A Husaini Ketua MPK

PURWOREJO, Pandemi yang terus mendera dan masih diberlakukannya sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tak menghalangi SMAN 7 Purworejo untuk tetap melaksanakan kegiatan rutin tahunan berupa pemilihan ketua OSIS/ketua Majelis Perwakilan Kelas (MPK) Masa Bakti 2020-2021.

Agenda bertajuk Pemilos kali ini dilakukan secara online melalui google form. Hal itu dilakukan mengingat kondisi yang belum memungkinkan untuk
dilakukan secara langsung di sekolah seperti tahun-tahun sebelumnya.

Waka Kesiswaan SMAN 7 Agus Setiyono, M.Pd hari Rabu (14/10) menjelaskan, kegiatan ini merupakan pelaksanaan akhir program kerja pengurus lama periode 2019-2020 yang diketuai oleh Nurhasna Nugrahaini (OSIS) dan Zahrotul Umami (MPK).

Agus menjelaskan, pada pemilos kali ini, siswa, guru, dan karyawan memilih ketua OSIS dan ketua MPK secara online dari rumah masing-masing. “Untuk kandidat ketua OSIS ada empat orang, sedangkan kandidat ketua MPK tiga orang,” kata Agus.

Ketua MPK terpilih

Setelah melalui perhitungan suara yang dilakukan hari ini juga, akhirnya Muhammad Royyan (XI MIPA 5) terpilih menjadi ketua OSIS dengan perolehan 506 suara dari 1.049 pemilih. Adapun ketua MPK terpilih yakni Ahmad Husaini Harfilianjati (XI MIPA 6) dengan perolehan suara 470 pemilih.

Agus menyebutkan, 1.049 pemilih itu berasal dari siswa sebanyak 995 orang, guru sebanyak 42 orang, dan karyawan 12 orang.

“Tahapan online sudah dimulai sejak bulan Agustus yakni pendaftaran, penjaringan kandidat, juga tes tertulis online. Selain itu wawancara dan tes berupa public speaking, serta pembuatan video berupa orasi visi misi,” jelas Agus.

Adapun tahapan akhir, kata Agus, berupa kampanye dari tujuh kandidat OSIS maupun MPK yang sudah dinyatakan lolos tahap akhir.

Niken Wahyuni, M.Pd, kepsek

Terkait kegiatan Pemilos, Kepala SMAN 7 Purworejo Niken Wahyuni, M.Pd mengungkapkan, proses penjaringan dilakukan secara jujur dan transparan yang dilakukan oleh pengurus OSIS/MPK sebelumnya serta guru yang berkompeten. Meski demikian, dalam proses seleksi tidak seluruhnya dilakukan secara online karena ada saat para kandidat datang ke sekolah.

Tahapan itu yakni saat tes wawancara yang dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Disamping itu, untuk menghasilkan calon pemimpin yang melek terknologi, para kandidat juga dituntut kreatif dengan membuat video berisi visi misi kepemimpinan.

Selain mengucapkan selamat, Niken juga berharap, ketua OSIS dan ketua MPK yang sudah terpilih dapat menjadi sosok pemimpin yang dapat membawa kemajuan bagi sekolah serta menjadi teladan bagi teman-temannya.

Niken bersyukur proses Pemilos dapat berjalan lancar dan independen tanpa ada intervensi dari pihak manapun. Disebutkan Niken, usai pemilihan nantinya akan dibentuk kepengurusan yang dilanjutkan dengan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). (Dia)

Tinggalkan Balasan