Pemerintah dan DPR Komit Majukan Perpustakaan di Daerah

PURWOREJO, Anggota Komisi X DPR RI Ir Bambang Sutrisno menilai, saat ini perkembangan perpustakaan di daerah-daerah makin menunjukkan kemajuan. Kemajuan tersebut tak lepas dari komitmen pemerintah dan Komisi X DPR dalam menumbuhkan gemar membaca di berbagai elemen masyarakat.

“Kami di Komisi X sudah minta kepada pemerintah untuk tidak memotong anggaran pendidikan dan perpustakaan,”tandas Bambang Sutrisno di sela-sela acara Safari Gerakan Pembudayaan Kegemaran Membaca di Pendopo Kabupaten Purworejo, Kamis (1/3). Bambang Sutrisno hadir sebagai salah satu narasumber dalam Talk Show Safari Gerakan Pembudayaan Kegemaran Membaca.

Menurut wakil rakyat asal Purworejo itu, salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam memajukan perpustakaan yaitu dengan membangun perpustakaan terbesar di dunia di Jakarta. Perpustakaan itu berlantai 24 dengan dilengkapi dengan teknologi informasi yang canggih.

“Saya ingin orang-orang daerah datang ke perpustakaan nasional untuk belajar. Banyak yang bisa dipelajari di perpustakaan modern itu”kata politisi partai Golkar itu.

Bambang mengungkapkan, bidang pendidikan dan pariwisata juga terkait dengan perpustakaan. Begitu juga ekonomi kreatif dan kepemudaan. Hampir semua bidang di bawah Komisi X terkait dengan perpustakaan.

“Tahun lalu diakui Komisi X belum bisa maksimal perjuangan konstituen. Itu karena anggaran masih berpihak ke pusat, untuk menyelesaikan Perpustakaan termegah di dunia.l,”jelas Bambang.

Pada era sekarang ini, kata Bambang Sutrisno, perpustakaan harus turun ke lapangan. Perpustakaan tidak boleh lagi pasif menunggu orang datang, tapi aktif mendatangi orang. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *