PC Aisyiyah Banyuurip Gelar Aksi Sosial “Canthel Canthel”

BANYUURIP, Pandemi Covid-19 yang masih berlanjut hingga kini mendorong warga Aisyiyah yang tergabung dalam pengurus Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Kecamatan Banyuurip untuk berbagi. Hal itu diwujudkan dalam kegiatan sosial yang diberi label program Canthel-Canthel yang diadakan setiap hari Jumat.

Seperti Jumat (25/9) ini.
Sebanyak 40 bungkus paket yang berisi sayuran, tempe dan tahu, serta cabai (sebagian) digantungkan (dicanthel) pada pagar sekolah Kelompok Belajar Aisyiyah yang terletak di Desa Banyuurip, Kecamatan Banyuurip.

Baru beberapa saat plastik berisi paket sayuran dicanthel, warga sudah ramai berdatangan. Ketika bungkusan paket mulai ditata, warga yang sebagian besar adalah ibu-ibu langsung menyerbu. Dalam waktu 10 menit semuanya ludes.

Akhirnya pengurus mengeluarkan paket sembako yang masih tersedia sebanyak 20 paket. Jadilah hari ini ada 60 paket yang dibagikan.

Menurut Kepala KB Aisyiyah Banyuurip Sri Rahayu, S.Pd, program Canthel-Canthel merupakan program dari PD Aisyiyah Kabupaten Purworejo untuk saling berbagi selama Covid-19. Untuk memudahkan lokasi, dipilihlah KB Aisyiyah yang berlokasi di sebelah timur Pasar Ngori Banyuurip.

Disebutkan Rahayu, program Canthel-Canthel dimulai sejak 10 Juli atau tiga minggu setelah Idul Adha.

“Kegiatan ini diadakan setiap Jumat pagi, kecuali kalau hari Jumat libur, kegiatan ini juga libur,” ucapnya.

Orang tua dan siswa pun sering terlibat dalam program tersebut dengan turut menjadi donatur.

Menurut Ketua PCA Banyuurip Dwindaryati, S.Pd, pada awalnya PCA Banyuurip memberikan uang Rp 300.000 untuk modal membeli paket sayuran.

Ternyata program itu sangat dinanti warga sehingga pihaknya menerima donasi baik dari pengurus PCA maupun orang tua siswa KB Aisyiyah.

Disebutkan Dwin, kegiatan itu merupakan bentuk kepedulian warga Aisyiyah untuk saling berbagi khususnya di masa sulit saat ini. (Dia)

Tinggalkan Balasan