Pasar Baledono Siap Ditempati, 1.308 Pedagang Akan Mulai Dipindah dari Pasar Darurat

PURWOREJO, Proyek pembangunan Pasar Baledono Purworejo sudah dinyatakan selesai dan Senin (12/2) depan mulai ditempati oleh para pedagang. Pemda Purworejo Jumat (9/2) pagi menggelar acara syukuran yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati H Agus Bastian, SE, MM dilanjutkan dengan doa bersama, di Ruang Pertemuan lantai 3 Pasar Baledono.

Dalam kesempatan itu Bupati menegaskan, anggaran pembangunan proyek Pasar Baledono yang mencapai Rp 120 miliar merupakan anggaran terbesar sepanjang sejarah pembangunan di Kabupaten Purworejo. Selain itu pelaksanaan pembangunannya sekali jadi dalam waktu setahun.

“Selama ini anggaran proyek pembangunan paling tinggi Rp 20 miliar. Itupun dilaksanakan beberapa tahapan, seperti Gedung BPPKAD,”kata Bupati.

Menurut Bupati, bangunan Pasar Baledono yang baru dinilainya cukup luas dan megah. Luas dan tata letaknya juga mirip mall. Untuk memudahkan pengunjung yang akan membeli di lantai 2, di bagian tengah dilengkapi fasilitas eskalator.

“Saya minta tolong para pedagang ikut merawat dan menjaga agar (kebakaran) tidak terjadi lagi. Kalau mau tutup jangan lupa mematikan aliran listrik di kios,”pesan Bupati.

Bupati mengingatkan, pembangunan kembali Pasar Baledono tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh waktu 4 bulan sejak dirinya dilantik untuk bisa menyelesaikan masalah yang selama bertahun-tahun tak terselesaikan.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Purworejo, Kendrasmoko, menjelaskan, pemindahan pedagang dari pasar darurat ke Pasar Baledono akan dimulai Senin mendatang. Jumlah pedagang yang dipindah dari Pasar Darurat sebanyak 1.308 pedagang.
Diawali dengan pemindahan pedagang dari Pasar Darurat Kongsi sebanyak 310 pedagang mulai 12 Februari hingga 14 Februari. Disusul pemindahan 147 pedagang dari Pasar Darurat Kemuning 15-20 Februari.

Berikutnya pemindahan 106 pedagang dari Pasar Darurat Suronegaran pada 21-23 Februari, pemindahan 239 pedagang dari Pasar Darurat Jalan Pahlawan pada 26-28 Februari. Dan terakhir pemindahan 506 pedagang dari Pasar Darurat Plaza pada 1-5 Maret 2018. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *