Paripurna Hanya Dihadiri 3 Anggota, Pemandangan Umum Fraksi-fraksi “Diborong” PDIP

PURWOREJO, Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Purworejo dengan agenda pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban APBD 2018, Rabu (12/6), diwarnai interupsi. Sutarno, satu dari tiga anggota Dewan yang hadir, minta pimpinan rapat menunda paripurna untuk menunggu anggota yang belum hadir.
Namun usulan anggota Fraksi PDIP itu tidak dipenuhi pimpinan rapat yang juga Ketua DPRD Luhur Pambudi dengan alasan berdasarkan daftar hadir, anggota Dewan yang telah menandatangani daftar hadir sebanyak 23 orang.
“Maka sesuai dengan ketentuan Tata Tertib DPRD, rapat telah memenuhi quorum dan bisa dilanjutkan,”tegas Luhur Pambudi.

Untuk diketahui, berdasarkan undangan, rapat paripurna DPRD tersebut seharusnya dimulai pukul 09.00. Namun hingga pukul 10.30 baru ada tiga anggota yang duduk di kursi anggota. Mereka adalah Prabowo (PDIP), Sutarno (PDIP) dan Sutardi (Golkar). Sedang unsur pimpinan yang hadir Luhur Pambudi dan Kelik Susilo Ardani.

Setelah pimpinan membuka rapat, dilanjutkan dengan pembacaan pemandangan umum fraksi-fraksi. Namun, karena tidak semua fraksi hadir, maka pandangan umum fraksi “diborong” oleh Ketua Fraksi PDIP Prabowo. Alhasil, pemandangan umum Fraksi PDIP diganti judul jadi Pemandangan Umum Semua Fraksi DPRD Purworejo.

Dalam pemandangan umum yang dibacakan Prabowo disebutkan, terkait dengan penghasilan tetap (siltap) aparat pemerintah desa, Pemda agar segera mengalokasikan anggaran dalam APBD Perubahan 2019. Jika tidak dimungkinkan mendapatkan Dana Alokasi Umum tambahan, harus segera dilakukan rekomposisi kegiatan termasuk belanja tidak wajib seperti Hibah dan Bansos. (Nas)

Tinggalkan Balasan