Panjang 120 M Lebar 8 M, Pembangunan Jembatan Terpanjang di Purworejo Hampir Selesai

LOANO, Proyek pengerjaan Jembatan Sejiwan di Desa Trirejo, Kecamatan Loano, hingga saat ini hampir selesai dikerjakan dengan prosentase 80%. Direncanakan tanggal 26 Desember mendatang jembatan yang melintas di atas Sungai Bogowonto ini telah selesai pengerjaannya.

Hal tersebut disampaikan oleh Prono Sumbogo, Kepala Bidang Perencanaan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Purworejo saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (28/11).

Lebih lanjut Prono mengatakan, proyek Jembatan Sejiwan dikerjakan dalam satu perencanaan melalui tiga tahap dengan mengunakan dana APBD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017, 2018 dan 2019.

Tahap pertama dimulai tahun 2017 dengan nilai kontrak Rp 10,5 miliar. Pengerjaan berupa pemasangan penyangga dan pilar 1, serta pengerjaan jalan akses sisi barat jembatan.

Tahap kedua tahun 2018 senilai Rp 6,5 miliar. Pengerjaan berupa penyangga, pemasangan pilar 2 dan 3, gelagar sisi barat serta pengerjaan jalan sisi timur jembatan.

Pengerjaan Jembatan Sejiwan kini telah 80%

Adapun tahap akhir tahun 2019 senilai Rp 4,8 miliar berupa pengaspalan, railing serta pemasangan glagar dengan pelaksanaan selama 135 hari.

Prono merinci, jembatan sepanjang 120 meter dengan lebar 8 meter termasuk untuk pedestrian itu, terdiri atas 19,6 meter gelagar timur dan barat serta 40,6 meter gelagar tengah.

“Melalui penanganan yang tepat, jembatan ini mengutamakan prinsip safety bagi pengguna karena telah melalui kajian yang detil,” ujar Prono.

Proyek jembatan yang dikerjakan oleh PT New Cakti Purworejo ini menghubungkan Desa Karangrejo -Tridadi dan menjadi jembatan terpanjang yang pernah ada di Purworejo.

Ke depan, jembatan ini menjadi penghubung tiga kecamatan di wilayah Purworejo yakni Kecamatan Loano, Purworejo, dan Kaligesing.

Disamping itu, Jembatan Sejiwan juga diproyeksikan menjadi penghubung akses penghubung Jalan Lintas Timur yang terkoneksi pada proyek bandara NYIA serta akan mendukung Badan Otorita Borobudur. (Dia)

Tinggalkan Balasan