One Book One Student Ramaikan Peringatan Bulan Bahasa di SMAN 10

PURWOREJO, Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa Tahun 2018 OSIS SMA Negeri 10 Purworejo mengadakan kegiatan One Book One Student melalui workshop penulisan buku bagi siswa dan guru. Kegiatan berlangsung selama dua hari, Selasa (9/10) dan Rabu (10/10).
Workshop yang diikuti 123 peserta terdiri atas 108 siswa dan 15 guru menghadirkan dua narasumber, yakni Drs Setyo Budi, guru SMAN 1 Andong Kabupaten Boyolali, dan Cucu Suryanto, SE dari Solo Teacher Development Institute.
Kepala SMA Negeri 10 Purworejo, Niken Wahyuni, M.Pd mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari amanah kurikulum 2013 tentang program literasi. Tujuannya untuk menggairahkan, mewadahi hobi dan kreatifitas minat siswa dan guru dalam menulis.
Disebutkan, pada hari pertama narasumber Cucu Suryanto, S.E. menyampaikan materi Motivasi Penulisan Buku Populer dan Drs Setyo Budi materi Penulisan Buku Populer. Sementara pada hari kedua materi Penulisan Naskah Buku dan Presentasi Hasil Penulisan.
“Targetnya dalam kurun waktu dua hari sudah bbisa menulis, satu siswa satu buku, satu guru satu buku, “sebut Niken, Kamis (11/10).
“Para siswa berupaya membuktikan sebuah slogan Sekolah Boleh di Desa, Kualitas Pastikan Rasa Kota. Slogan ini diprakarsai oleh anak-anak didik Smandasa yang memang lokasi sekolah di daerah pedesaan yang dikelilingi sawah,”ucap Niken.
Dijelaskan, kegiatan workshop pada hari pertama menghasilkan 12 sinopsis yang dirancang siswa. Keduabelas sinopsis itu dipresentasikan dan dirancang covernya pada pertemuan hari kedua.
Pada pelaksanaan hari kedua para siswa berhasil menyelesaikan tulisan dipresentasikan pada forum kegiatan tersebut.
“Dari workshop ini alhamdulillah dihasilkan 16 judul buku terdiri atas 13 buku dari siswa dan 3 buku guru dan kepala sekolah. Dari 13 judul buku karya siswa akan dicetak, dan nantinya buku sudah ber ISBN, sekarang masih dalam proses editing, “jelas Niken. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *