Nakes Jadi Prioritas, Dinkes Mulai Mendata Calon Penerima Vaksin Covid-19

PURWOREJO, Tahun 2021 tampaknya akan menjadi tahun harapan terbebas dari virus Corona melalui kegiatan vaksinasi mulai Januari ini. Vaksinasi tahap pertama akan dilakukan kepada para tenaga kesehatan (nakes). Saat ini Dinas Kesehatan masih mendata para nakes baik di instansi pemerintah maupun swasta dan ala berakhir malam ini.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo dr Tolkha Amaruddin, Sp, THT, KL, M.Kes, Sabtu (2/1) menyampaikan, hari ini adalah hari terakhir pendataan nakes yang akan mendapat prioritas vaksin. “Pendaftaran terakhir nanti malam pukul 24.00,” jelasnya melalui saluran telepon.

Dijelaskan dr Tolkha, semua nakes termasuk petugas cleaning service akan mendapatkan prioritas pertama yang divaksin. Meski begitu, dr Tolkha menyebut, para nakes yang pernah terkonfirmasi Covid-19 atau terinfeksi tidak perlu divaksin lagi.

Contoh nakes yang telah terdaftar sebagai calon penerima vaksinasi

Alasannya, lanjut dr Tolkha, karena mereka sudah terbentuk antibodinya. “Misalnya pada nakes di Puskesmas Banyuurip yang pernah terjangkit, mereka tidak perlu mendapatkan vaksin,” jelas dr Tolkha.

Setelah nakes, penerima vaksin berikutnya yakni pada pemberi layanan publik, termasuk ASN di kantor yang melakukan layanan pada masyarakat. Tahap akhir barulah masyarakat luas.

Dengan tahapan seperti itu diharapkan pada bulan April masyarakat Indonesia semuanya sudah divaksin. (Dia)

Tinggalkan Balasan