Minta Audit Investigasi Proyek Alun-alun, Rombongan DPRD Datangi BPK Jateng

PURWOREJO, Rombongan DPRD Kabupaten Purworejo, Selasa (30/1) menyambangi Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Tengah untuk meminta dilakukannya audit investigasi terhadap proyek Penataan Alun-alun Purworejo. 

Rombongan DPRD Purworejo dipimpin ketuanya, Luhur Pambudi, didampingi Wakil Ketua Endang Tavip Handayani dan para ketua fraksi. Mereka diterima oleh Kepala BPK Perwakilan Jawa Tengah, Heri Subowo, dan sejumlah auditor.

Menurut Luhur Pambudi, kedatangannya ke BPK untuk meminta tindaklanjut dari surat Ketua DPRD tertanggal 29 Januari tentang permohonan audit investigasi pembangunan Alun-alun Purworejo. Permohonan agar BPK melakukan audit investigasi dilayangkan kepada BPK tanggal 15 Januari lalu.

“Permintaan agar BPK mengaudit proyek pembangunan Alun-alun menjadi bukti kalau DPRD tidak ‘masuk angin’. Harapan saya BPK menindaklanjuti,”jelas Luhur Pambudi.

Namun Ketua Fraksi PKS, Thohari, yang ikut dalam pertemuan dengan BPK, menyebutkan, hasil pertemuan bersifat normatif. BPK bersedia menindaklanjuti permohonan DPRD, tapi dengan audit reguler sebagai proses awal.

“Kesimpulannya, untuk audit investigasi menjadi ranah BPK Pusat. Rencananya audit reguler akan dilakukan 8 Februari mendatang,”jelas Thohari.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama 2 jam itu, dari BPK hadir juga BPK Perwakilan Kedu Nelson Siregar, dan tiga auditor lainnya. Sedang anggota Dewan yang hadir meliputi Endang Tavip (Wakil Ketua), Thohari (Ketua FPKS), Sutardi (Ketua Fraksi Golkar), Muh Dahlan (Ketua FPKB), Bambang Irianto (Demokrat), Muharomah (Ketua F Gerindra) dan Prabowo (Ketua FPDIP).

Untuk diketahui, proyek Penataan Alun-alun Purworejo akhir Desember 2017 lalu dihentikan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang karena hingga batas waktu kontrak tidak terselesaikan. Pelaksana proyek senilai Rp 11 miliar itu, PT Gunadarma Anugerahjaya, hanya mampu menggarap 87%. Atas dasar itu DPRD menyurati BPK untuk mengaudit proyek tersebut. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *