Mahasiswa Undip Lakukan Sosialisasi Strategi Penelusuran Informasi Melalui Internet

BAGELEN, Keadaan pandemi Covid-19 saat ini menyebabkan perubahan dalam kegiatan masyarakat, termasuk dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sejak 4 Januari 2021, mahasiswa Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan KKN di kampung halaman masing-masing. 

Pada periode KKN Tim I Tahun 2021 Universitas Diponegoro ini yang mengusung tema KKN Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) juga dilaksanakan di Desa Bagelen, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo oleh mahasiswa bernama Isnaini Ni’mah.

Salah satu program kegiatan KKN yang telah dilaksanakan yaitu Sosialisasi Strategi Penelusuran Informasi Melalui Internet untuk Siswa SMP. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada Kamis, 4 Februari 2021 pukul 10.05 di SMP Muhammadiyah Bagelen di bawah bimbingan dosen pendamping lapangan KKN, Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto, ST, M.Eng.

Praktik penelusuran informasi

Perserta kegiatan ini yaitu siswa-siswi kelas VII SMP Muhammadiyah Bagelen. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan edukasi kepada siswa-siswi mengenai cara atau langkah strategis dalam menelusuri informasi di internet sehingga kebutuhan informasi mereka dapat terpenuhi saat belajar di rumah. 

Materi yang disampaikan yaitu menjelaskan mengenai pengertian penelusuran informasi, jenis-jenis informasi, serta penggunaan kata kunci dan logika Boolean saat penelusuran informasi. Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan praktik sederhana lewat komputer sekolah.

Peserta cukup antusias saat mengikuti kegiatan ini, terutama saat praktik penelusuran informasi. Harapannya setelah mengikuti kegiatan sosialisasi ini, siswa-siswi tersebut dapat memperoleh pengetahuan baru dalam menelusur informasi melalui internet serta menerapkannya dalam proses penelusuran informasi sehari-hari sehingga mempermudah kegiatan belajar di rumah mereka. (**)

Penulis : Isnaini Ni’mahJurusan : Ilmu Perpustakaan 2017 FIB UndipDosen Pembimbing : Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto,ST,M.Eng.

Tinggalkan Balasan