Mahasiswa KKN UMP Fasilitasi Penyuluhan Pendidikan di Kemiri

KEMIRI, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) yang sedang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2018 di Desa Bedono Pageron, Kecamatan Kemiri, menggelar Penyuluhan Pendidikan, kemarin. Tujuannya untuk memutus mata rantai pendidikan rendah yang masih dialami sebagian keluarga.

Ketua KKN UMP Kelompok 07 di Desa Bedono Pageron, Marica Dewi, menyebutkan, berdasarkan hasil survai yang dilakukan masih terdapat sekitar 50 kepala keluarga (KK) mengenyam pendidikan rendah. Kondisi itu kerap berdampak pada rendahnya motivasi anak untuk melanjutkan pendidikan dan berujung pada rendahnya tingkat perekonomian serta kesejahteraan.
“Di desa ini rata-rata pemuda yang sudah lulus SLTA langsung menikah, punya anak, dan tetap tinggal di desa, jarang ada yang merantau. Oleh karena itu, dirasa penting kegiatan ini dalam mengurangi angka rendahnya pendidikan dan perekonomian,” sebutnya.
Penyuluhan di balai desa setempat diikuti puluhan warga, kader PKK, dan perangkat desa. Kegiatan berlangsung interaktif dengan hadirnya 3 orang narasumber, yakni Gita Yuristiana SSos MM (Kepala Bidang Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan Kabupaten Purworejo),  Titi Rokhayati MPd (Dosen UMP), dan Jeki Mediantari W W SPt MEng Msi (Dosen UMP).
Gita Yuristiana mengungkapkan, selain pendidikan formal dan nonformal, anak perlu mendapatkan pendidikan keluarga serta agama. 
“Ketika anak sudah besar tak punya pendidikan agama, maka akan sia-sia karena tak punya moral dan etika,” tandasnya.
Sementara itu, Jeki Mediantari mendorong agar warga dapat memotivasi anaknya untuk dapat mengenyam pendidikan tinggi. Keterbatasan ekonomi agar tidak menjadi alasan tidak sekolah, karena saat ini banyak beasiswa yang disediakan oleh pemerintah.
“Bagaimanapun pendidikan merupakan alat untuk menjelajahi dunia, alat untuk menjadi manusia lebih bernilai serta salah satu alat untuk mencapai kesejahteraan hidup,” ungkapnya. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *