Luhur Pambudi: PDIP Komit Dorong Pemilu Lebih Demokratis, Luber dan Jurdil

PURWOREJO, PDI Perjuangan Kabupaten Purworejo berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah di bawah kepemimpinan Bupati Agus Bastian dan Wakil Bupati Yuli Hastuti dan seluruh penyelenggara Pemilu legislatif, Pilpres dan Pilgub Jateng guna mendorong pemilu yang lebih demokratis dan sesuai dengan asas pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Pernyataan itu dikeluarkan oleh Ketua DPC PDIP Purworejo Luhur Pambudi, menyambut lolosnya PDI Perjuangan sebagai peserta Pemilu 2019. Dalam rapat pleno KPU kemarin partai bergambar banteng itu dinyatakan memenuhi syarat dan lolos verifikasi.

Di Purworejo, pada rapat di Panwaslu Purworejo bersama KPUD, PDI Perjuangan juga dinyatakan memenuhi syarat verifikasi faktual dan tercatat sebagai peserta pemilu 2019. Dalam rapat tersebut PDIP diwakili oleh Wakil Ketua DPC Bidang Pemenangan dan Organisasi, RT Widagdo dan Ketua BP Pemilu DPC Ir Eko Purwantoro..

“Pemilu 2019 akan menjadi pemilu ke-9 yant diikuti PDI Perjuangan sejak tahun 1973. Hanya pada Pemilu 1997 kami dilarang ikut pemilu dan munculah gerakan rakyat Mega Bintang guna melawan rezim otoriter yang mematikan demokrasi yang ditandai dengan peristiwa 27 Juli 1996,”tandas Luhur.

Bagi PDI Perjuangan, kata Luhur, pemilu adalah alat, dimana rakyatlah yang berdaulat untuk menentukan para wakilnya di lembaga legislatif. PDI Perjuangan berkomitmen untuk menjadikan kontestasi pemilu sebagai arena penyampaian gagasan terbaik untuk rakyat, bangsa dan negara Indonesia di Purworejo.

Dikatakan, PDI Perjuangan Purworejo memberikan apresiasi kepada KPUD, Panwaslu, dan semua pihak yang telah berkerja profesional dan independen. Hal tersebut menjadi awal yang baik bagi peningkatan kualitas demokrasi di Purworejo.

“Dengan lolosnya PDI Perjuangan Kabupaten Purworejo maka juga menyupport DPP PDI Perjuangan sebagai peserta Pemilu di Indonesia. Sesuai dengan instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri agar partai terus melakukan langkah konsolidasi, melakukan rekrutmen calon anggota legislatif di seluruh tingkatan,”tandasnya.

Adapun kader atau tokoh yang akan direkrut untuk dicalonkan yaitu yang memenuhi kriteria ideologis atas dasar Pancasila; kepemimpinan untuk rakyat; pemahaman terhadap pelaksanaan fungsi legislasi, anggaran, pengawasan dan fungi representasi serta aspek kepribadian termasuk integritas dan komitmen menghadirkan watak poltik yang membangun peradaban bangsa.

“Kami akan tegak lurus melaksanakan perintah Ibu Mega,”pungkasnya. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *