Libatkan Anggota TNI, 170 Siswa SMPN 2 Ikuti Latihan Dasar Kepemimpinan

PURWOREJO, Sebanyak 170 siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Purworejo mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dan pengenalan bela negara, Rabu dan Kamis (13-14/3). Kegiatan digelar di Bumi Perkemahan Arga Putra Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Purworejo. LDK melibatkan pelatih dari anggota Koramil 01 Purworejo.

Waka Kesiswaan SMP N 2 Purworejo, Sukamto mengatakan, LDK dilaksanakan setelah siswa siswi melaksanakan ujian tengah semester dengan tujuan membentuk karakter dan memupuk jiwa korsa atau kebersamaan antara siswa.

Disamping itu juga untuk menanamkan karakter kepada siswa SMP karena pihak sekolah merasa prihatin dengan adanya penurunan nilai-nilai karakter para remaja.

“Dalam pelaksanaannya SMPN 2 Purworejo berkerja sama dengan anggota Koramil 01 Purworejo karena untuk pembentukan karakter lebih tepat dilakukan oleh anggota TNI. Sehingga diharapkan hasilnya akan lebih efektif dan maksimal,”kata Sukamto.

Sementara itu Peltu Suratno selaku pemateri menjelaskan, dalam pelakasanaan LDK para siswa dibekali materi pembentukan karakter untuk pemersatu anak bangsa. Konsepnya mempersatukan anak didik dengan mengedepankan falsafah bangsa Indonesia yaitu sifat gotong royong.

“Di sini kita akan memupuk jiwa korsa, kebersamaan dengan out bound bela negara dengan harapan generasi penerus di masa mendatang akan memperoleh bekal dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.”tutur Suratno.

Lebih lanjut Suratno menambahkan, kegiatan itu merupakan tugas dan tanggung jawabnya selaku anggota TNI untuk selalu aktif dalam kegiatan pembinaan generasi muda di wilayah.

“Semoga dengan kegiatan ini para siswa akan mendapatkan pelajaran berharga dalam sikap, disiplin dan kebersamaan sehingga bisa menjadi bekal dalam kehidupan di lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat,”tandasnya. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *