Kurangi Kebocoran Air PDAM, Pipa Distribusi Slumprit-Pasar Loano Disetting

PURWOREJO, Untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, PDAM Tirta Perwitasari Purworejo terus melakukan pembenahan. Salah satunya melakukan setting pipa dari dari Slumprit hingga Pasar Loano sepanjang 1.800 meter. Tujuannya untuk kelancaran jalur transmisi dan meminimalisir kebocoran pipa asbes yang sudah digunakan sejak tahun 1978 diganti pipa PVC ukuran 10 inci.

“Selama ini jalur transmisi dari sumber air baku permukaan di Simbarjoyo ke reservoar penampungan Tawangrejo sering bocor karena subsindence atau pergerakan tanah, “kata Direktur PDAM Tirta Perwitasari Hermawan Wahyu Utomo, ST, Senin (8/1).

Selain itu, lanjut Hermawan, pembenahan juga dilakukan di Pakis yang sudah dilaksanakan sejak Agustus sampai November 2017. Drilling/bor di Pakis, ditambah dari 5 liter perdetik menjadi 8 liter perdetik.

Pembenahan lain yakni rehabilitasi pengoperasian Instalasi Pengolahan Air (IPA) atau Water Treatment Boro (Bendung Boro 1, BB 1). Sebelumnya IPA BB1 berkapasitas 10 liter perdetik menjadi 40 liter perdetik. Rehabilitasi dilakukan agar warga Kecamatan Banyuurip, Purwodadi dan Purworejo Kota bisa menambah pemasangan baru.

“Asumsinya, dengan penambahan 30 liter perdetik dikalikan 80 maka ke depan akan mampu melayani 2.400 pelanggan, “ucap Hermawan.

Disebutkan, saat ini jumlah pelanggan di Kecamatan Banyuurip sebanyak 1.233 SR, Purwodadi 1.728 SR, dan Purworejo 13.050 SR.

“Dulu distribusi untuk Purworejo Kota di back up dari Banyuurip, sekarang dengan direhabilitasi sudah bisa untuk pelayanan dalam kota,”kata Hermawan sambil menjelaskan saat ini total pelanggan PDAM Tirta Perwitasari sebanyak 21.000 pelanggan. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *