Ketua Kwarcab Pramuka Lantik Pengurus Dewan Kerja Cabang

PURWOREJO, Ilmu yang diterapkan dalam kegiatan kepramukaan sangat menarik untuk didalami. Bahkan berbeda dengan ilmu yang diperoleh dari pendidikan yang lain, termasuk pada pelajaran sekolah. Ilmu Pramuka tidak saja berkutat pada pendidikan karakter, namun lebih dari itu juga belajar menjalankan roda organisasi supaya berhasil maksimal.

Hal itu diungkapkan Ketua Pramuka Kwarcab Purworejo Drs Pram Prasetyo Achmad, MM, usai melantik 21 pengurus Dewan Kerja Cabang (DKC) Pramuka Kwarcab Purworejo, Rabu (10/4). Mereka yang dilantik, Ketua Ikva Nur Halimah, Wakil Ketua Ringgo Ismoyo, Sekretaris Siti Fatimah, dan Bendahara Catur Sri Utami dan para ketua bidang.

Turut menyaksikan pelantikan Waka Binamuda Soekoso Dm, S.Pd, Waka Binawasa Dra Titik Mintarsih, M.Pd, Waka Lingkungan Hidup Sumharjono, S.Sos MM, dan Ketua Hipprada Drs Istiharto.

Lebih lanjut Pram Prasetyo mengatakan, pengurus DKC memiliki kesempatan untuk berorganisasi dengan menentukan organisasi yang baik. Banyak yang tidak diperoleh dari sekolah seperti harus memprogram dengan merencanakan kegiatan, anggaran, dan merealisasikan yang disertai pertanggungjawaban laporan keuangan hingga tertib administrasi untuk evaluasi.

“Disini mendapatkan ilmu penting, maka jangan hanya belajar di kelas tapi juga belajarlah berorganisasi,” tandas Pram.

Lebih jauh Pram menguraikan, pengurus DKC agar mengutamakan kebersamaan, koordinasi yang bersinergis satu sama lainnya, dan belajar pengendalian diri. Dalam kebersamaan, tentu harus ada yang mengingatkan sehingga bisa saling menerima saran dan kritik.

Pram memberikan ilustrasi dalam penerimaan ASN banyak peserta yang gugur pada tes kepribadian karena lemahnya SDM kita. Diantaranya karena anak-anak lemah berkomunikasi tapi justru sibuk main sendiri, lemah ambil keputusan, lemah membiasakan untuk memprogramkan, juga lemah dalam kecermatan dan ketelitian.

“Oleh karena itu, melalui organisasi akan bisa menjawab tantangan tersebut,” ujar Pram.

Secara terpisah Waka Binamuda Soekoso DM SPd mengatakan, latar belakang pembentukan DKC Pramuka adalah gerakan pendidikan yang memiliki unsur pendidik dan peserta didik. Dalam kepanduan, yang tumbuh sebelum Gerakan Pramuka, terdapat pengurus-pengurus dari berbagai tingkatan yang diantaranya menempatkan suatu wadah bagi peserta didik dalam berlatih mengelola organisasinya untuk mencapi tujuan pendidikan kepanduan. (*)

Tinggalkan Balasan