Ketua DPRD: Pers Harus Kedepankan Pemberitaan yang Sehat dan Berimbang

PURWOREJO, Obesitas atau kegemukan informasi saat ini tengah dialami masyarakat, dimana informasi dinilai sudah berlebihan sehingga peran pers menjadi sangat besar sebagai penyeimbang agar masyarakat mendapatkan informasi yang sehat.

Hal itu dikemukakan oleh Ketua DPRD Purworejo Dion Agasi Setyabudi, S.IKom, M.Si pada acara Resepsi Hari Pers Nasional 2020 dan Istighasah di Pendopo Kabupaten Purworejo, Sabtu malam (8/2).

Menurut Dion, di era kebebasan pers sekarang ini, etika jurnalistik dan pemberitaan yang berimbang perlu dikedepankan. Hal itu untuk menjaga agar informasi yang beredar di masyarakat merupakan informasi yang benar dan sehat.

“Di era Orde Baru kebebasan pers dibatasi oleh pemerintah. Pers yang mengkritisi pemerintah bisa dibredel. Tapi sejak memasuki Era Reformasi, pers bebas mengkritik pemerintah,” ungkapnya.

Kapolres Purworejo serahkan piala kepada juara karya tulis SMA

Menurut Dion, dalam menghadapi Pemilukada tahun ini, pers sangat berperan dalam ikut menjaga kondusifitas daerah melalui pemberitaan yang obyektif dan berimbang.

Selain ketua DPRD, hadir pula Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito, Asisten Bidang Pemerintahan Sumharjono, S.Sos, MM, Forkopimda, Ketua PWI Purworejo Gunarwan serta seluruh jurnalis baik media cetak, elektronik, maupun media online. Hadroh yang beranggotakan warga binaan Rutan Purworejo pun turut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Ketua PWI Purworejo, Gunarwan, mengatakan, peringatan HPN yang dirangkai dengan Istighosah bertujuan agar masyarakat dan juga insan pers mendapatkan ridho dan keselamatan dari Allah. “Istiqasah ini serentak dilakukan oleh PWI se-Jawa Tengah,” ucapnya.

Asisten I Sekda menyerahkan piala kepada juara karya tulis SMP

Wakil Bupati Purworejo dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten 1 Sekda, Sumharjono mengapresiasi kegiatan yang dihelat PWI Purworejo bertema Media dan Tanggungjawab Mengangkat Kekuatan dan Kearifan Lokal. Tema itu sejalan dengan upaya Pemkab
mengoptimalkan potensi desa serta mengukuhkan jati diri sebagai media yang mengedukasi dan memberi kritik yang membangun seerta sebagai kontrol pemerintah.

Dalam acara itu juga disampaikan hadiah kepada pemenang lomba Karya Tulis Jurnalistik SMP, SMA, dan lomba Foto Pariwisata. (Dia)

Hasil Lomba selengkapnya:

Karya Tulis Jurnalistik SMP :
Juara 1 Amanda Aprilia SMPN 2
Juara 2 Alif ashfa SMPN 12
Juara 3 Beatrissa Keke SMPN 2

Foto Jurnalistik SMA/MA/SMK
1.Gembong Hanung Smansa
2.Yona anugrah SMAN 9
3.Umi Nurul Fadilah SMAN 10

Foto Pariwisata
1.Helmi Dwi
2.Eko Yuniato
3.Amelia Bening
Juara Favorit
1.Nifa Fadil
2. Ansori
3.Novaking

Tinggalkan Balasan