Kerjasama dengan Satlantas, Siswa SMK YPT Gelar Pelatihan Patroli Keamanan Sekolah

PURWOREJO, Meski masih dalam suasana pandemi Covid-19, kegiatan bagi siswa di SMK YPT Purworejo terus berjalan. Tentu saja dengan selalu ketat menetapkan standar protokol kesehatan (prokes) agar kegiatan bisa berjalan aman dan nyaman.

Salah satunya yakni Pelatihan Patroli Keamanan Sekolah (PKS). Kegiatan yang diadakan SMK YPT bekerjasama dengan Satlantas Polres Purworejo itu berlangsung selama dua hari yakni Senin dan Selasa (26-27/10) diikuti 27 peserta. Seperti yang tampak hari Selasa (27/10), saat lima anggota Satlantas Polres Purworejo memberikan pelatihan di ruang aula sekolah setempat.

Waka Kesiswaan Eri Ponco Prasetyo, S.Pd.T, M.Pd saat ditemui menjelaskan, ke-27 peserta pelatihan PKS kali ini terdiri atas 20 siswa dan tujuh siswi. “Materi yang diberikan hari Senin berupa teori dan hari ini praktik,” ucapnya.

Eri lalu merinci, materi teori antara lain berupa pengenalan tanda rambu lalu lintas dan cara berkendara dengan baik. Adapun materi praktik antara lain penggunaan peluit dan memberikan aba-aba menggunakan isyarat tangan.

Selain itu juga diadakan simulasi antar peserta saat menyeberang jalan; ada yang bertugas menyeberang jalan dan ada yang menjadi petugas yang menyeberangkan jalan.

Eri Ponco Prasetyo

Disebutkan, selain materi dan praktik sebetulnya ada materi senam PKS berupa gerakan PKS yang dipraktekkan dalam bentuk senam. Mengenai waktunya, Eri menyebut akan ditentukan setelah libur cuti panjang ini.

PKS, menurut Eri, merupakan rangkaian program kesiswaan tahunan seperti halnya LDK, kemah alih golongan, dan kegiatan sosial keagamaan. “Sistem seleksi dipilih bagi siswa kelas X sebagai bentuk regenerasi anggota,” lanjutnya.

Kegiatan PKS ini bagi Eri yakni agar agar siswa mampu memahami fungsi peraturan lalu lintas. Selain juga letak SMK YPT yang berada di tepi jalan sehingga harus mampu mengaplikasikan materi yang didapat.

Tak kalah penting, Eri berharap, setelah pelatihan PKS para peserta mampu menerapkan ilmu pengetahuan yang didapat secara baik dan benar. “Kami juga berharap nantinya mereka dapat mengikuti lomba PKS dan berhasil mendapatkan juara,” pungkasnya. (Dia)

Tinggalkan Balasan