Kepala SMK TKM dan Dandim Purworejo Tandatangani Kerjasama Bina Pramuka

PURWOREJO, Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Muchlis Gasim SH, M.Si menjadi inspektur upacara pembukaan kemah Bantara Saka Wira Kartika SMK TKM Purworejo di halaman Kodim 0708 Purworejo, Sabtu (27/10).
Kegiatan kemah Bantara Saka Wira Kartika diikuti 150 siswa kelas X dan XI. Hadir dalam kegiatan tersebut Pasi Ter Kodim Kapten Infanteri Daliman, Kepala sekolah SMK TKM Ki Gandung Ngadina, S.Pd, dan para guru pembina.
Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Mukhlis Gasim, SH,M.Si mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari kerja sama antara Kodim 0708 Purworejo dan SMK TKM Purworejo dalam rangka mendidik dan membentuk generasi muda melalui wadah kepramukaan.
Dikatakan, kegiatan tersebut sangat penting karena wadah kepramukaan dirasa tepat saat ini untuk membentuk karakter generasi muda dalam rangka menghadapi tantangan di masa yang akan datang.
Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan MoU (memorandum of understanding) tentang pendidikan karakter dan wawasan kebangsaan antara Kodim 0708 Purworejo dan SMK TKM Purworejo.
“Dengan adanya payung hukum akan membuat semakin dekat dan tidak canggung dalam melaksanakan setiap kegiatan kepramukaan dan pendidikan karakter di sekolah seperti nantinya kita akan menjadi Irup dan bekal yang lain. Kegiatan-kegiatan tersebut memang sudah menjadi tugas kami.” kata Dandim.

Sementara itu Kepala SMK TKM Purworejo Ki Gandung Ngadina S.Pd menjelaskan, Pramuka merupakan kegiatan ekstra kulikuler yang wajib dilakukan oleh SMK TKM Purworejo sesuai dengan kurikulum 2013.
Menurut Ki Gandung, generasi muda merupakan elemen penting yang nantinya sebagai perekat kebinekaan sehingga akan tercipta satu wawasan yang sama terhadap Indonesia.
“Kami memandang MoU tentang wawasan kebangsaan ini perlu dilakukan sebab generasi muda adalah pemilik masa depan,”ucap Ki Gandung Ngadina.
Dijelaskan, setelah pembukaan, kegiatan akan dilanjutkan dengan persami (perkemahan Sabtu Minggu) yang berlokasi di lapangan Batalyon Mekanis 412 Purworejo. Dan pada Minggu (28/10) akan dilakukan pelantikan Bantara oleh Dandim Purworejo.
“Bantara adalah pasukan inti dari Pramuka. Bantara yang dilantik sebanyak 150 siswa yang dipilih dari kelas X dan XI, “jelas Ki Gandung.
Diungkapkan, dengan kegiatan tersebut dirinya berharap bisa berdampak baik kepada siswa dan sekolah.
“Secara otomatis kalau sekolah kami tertib, baik, disiplin, rajin dan bagus nantinya masyarakat akan mencintai sekolah kami,”tandas Ki Gandung. (W5)

Tinggalkan Balasan