Kejar Target Kepemilikan KIA, Disdukcapil Purworejo Jemput Bola ke SMP dan SD

PURWOREJO, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purworejo terus ngebut untuk mengejar target kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) tahun 2019 sebanyak 40.000 anak. Salah satunya dengan melakukan jemput bola ke sekolah-sekolah yang sejak awal bulan ini dilakukan setiap hari secara maraton.

“Tahun ini kami mentargetkan 40.000 anak dari 102.000 anak wajib KIA. Sampai akhir Juli lalu sudah tercapai 20.840 anak. Insyaallah November mendatang target 40.000 anak dapat tercapai,”jelas Kepala Dindukcapil Kabupaten Purworejo Dr Akhmad Kasinu, M.Pd melalui Kasi Pendaftaran Penduduk, Umi Kulsum, di ruang kerjanya, Selasa (13/8).

Menurut Umi Kulsum, untuk merealisasikan target kepemilikan KIA, pihaknya harus proaktif mendatangi wajib KIA. Caranya antara lain dengan jemput bola ke SD dan SMP/Mts di seluruh pelosok Kabupaten Purworejo.

Dijelaskan, saat ini blangko KIA tersedia sebanyak 64.000 lembar, sehingga cukup untuk memenuhi target tahun ini. Bahkan diperkirakan bisa untuk mencukupi kebutuhan tahun 2020 hingga tri wulan pertama.

Sampai saat ini kegiatan jemput bola di sekolah-sekolah telah berhasil mencetak ratusan KIA. Proses pendataan dan pencetakan KIA dilakukan secara on the spot di sekolah-sekolah yang dikunjungi.

Berdasarkan data di Disdukcapil, sekolah yang telah dikunjungi meliputi SMP Nurul Muttaqin Kemiri (70 anak), MTs Ma’arif Megulung Kidul Pituruh (90), SDN Mudalrejo Loano (90), SDN Guyangan Loano (19), SDN Maron (70).

“Sebenarnya untuk membuat KIA, warga tidak harus datang ke kantor Disdukcapil atau PATEN di tiap kecamatan, tetapi bisa melalui online,”jelasnya. (Nas)

Tinggalkan Balasan