Kapolda: TNI, Polri dan ASN Harus Netral, Tidak Mengarahkan ke Siapapun

PURWOREJO, Dalam angka mewujudkan pileg, pilpres tahun 2019 yang damai, aman dan sejuk, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Purworejo menggelar Apel Besar Tiga Pilar, yakni dari instansi Polri, TNI dan ASN di Pendopo Kabupaten Purworejo, Rabu (3/9).
Acara dihadiri oleh Kapolda Jawa Tengah Irjend Polisi Condro Kirono, Pangdam IV Diponegoro Mayjend TNI Wuryanto, Danrem 072 Pamungkas Brigjend TNI Muhammad Zamroni, Bupati Purworejo Agus Bastian, Kapolres Purworejo AKBP Teguh Tri Prasetya, SIK, Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Muchlis Gasim, SH, M.Si, Ketua DPRD Luhur Pambudi, Sekda Said Romadhon, Ketua KPU Dulrokhim, Ketua Bawaslu Nur Kholiq, para camat, SKPD, perwakilan parpol, Lurah/Kepala Desa dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa.
Dalam arahannya Kapolda mengatakan meski pemilu legislatif dan presiden baru akan dilaksanakan tahun depan namun tahapannya sudah dimulai sejak sekarang.
Karena itu agar pemilu 2019 berjalan sukses dibutuhkan sinergitas semua komponen.
“KPU, Bawaslu, TNI, Polri harus netral dan profesional dalam memberikan pelayanan dan pengamanan terhadap semua calon baik presiden dan wakil presiden maupun legislatif, “kata Kapolda Jateng.
Lanjut Kapolda, pemerintah daerah juga harus ikut berperan dengan cara mengajak masyarakat datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya sesuai hati nurani masing-masing. Karena kriteria demokratis atau tidak implementasinya partisipasi publik optimal atau tidak sehingga peran tiga pilar sangat penting sekali.
“Jadi monggo dari tiga pilar ini silakan mengajak masyarakat untuk memilih tapi jangan sampai mengarahkan ke siapa-siapa. Biarkan masyarakat memilih sesuai hati nuraninya, “tandas Kapolda Jateng. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *