Kantor Pertanahan Serahkan 26 Sertifikat Tanah Milik Negara kepada Pemkab Purworejo

PURWOREJO, Kantor Pertanahan Kabupaten Purworejo menyerahkan 26 sertifikat hak pakai tanah milik negara kepada Pemerintah Kabupaten Purworejo, Selasa (27/10). Dari 26 sertifikat, lima diantaranya diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Purworejo Suwitri Iriyanto, SH, MH kepada Pjs Bupati Purworejo Ir Yuni Astuti, MA.

Turut hadir dalam acara itu Kepala Dinperkimtan Purworejo Drs Hery Rahardjo, MSi, Kadinparbud Agung Wibowo, AP, Kepala Bappeda Ir Bambang Asmara Jati, M Eng, serta sejumlah pejabat OPD terkait.

Suwitri Iriyanto menjelaskan, dari lima sertifikat yang diserahkan secara simbolis, empat diantaranya adalah sertifikat kawasan pantai dan satu sertifikat Puskesmas Butuh.

“Kelima sertifikat ini kami anggap krusial karena proses pembuatan memakan waktu yang lama bahkan sampai ditanyakan oleh pihak Kejaksaan,” kata Suwitri.

Ditambahkannya, masih ada beberapa pekerjaan pembuatan sertifikat yang masih belum selesai termasuk Terminal Purwodadi yang saat ini telah masuk ke ranah persidangan.

Meski demikian ia mengaku bahwa pihaknya telah bertemu dengan berbagai pihak dan disepakati masalah tersebut diajukan ke pengadilan. Jadi jalur penyelesaiannya telah berada di jalur yang benar.

Pjs Bupati Purworejo Yuni Astuti memberikan apresiasi kepada Kantor Pertanahan yang telah menyelesaikan usulan hak pakai tanah yang sudah, sedang, atau akan digunakan oleh Pemkab Purworejo.

Menurutnya, ini momen yang menggembirakan karena 26 bidang yang selama ini diupayakan untuk distrukturkan landasan haknya kini telah berbentuk sertifikat.

Menurut Yuni, keberhasilan ini merupakan kerja keras OPD terkait dan BPN dan merupakan simpul dari upaya semua pihak yang tidak mudah dilakukan.

Yuni berpesan kepada seluruh jajarannya, apabila ada tanah-tanah yang bermasalah agar segera ditindaklanjuti.

“Karena ini merupakan langkah yang strategis agar kita dapat mengoptimalkan aset milik negara,” pungkasnya. (Dia)

Tinggalkan Balasan