Kalah di Pilkades, Calon Petahana Tengarai Panitia Tak Netral

BAGELEN, Pelaksanasn pemilihan kepala desa di Desa Soko, Kecamatan Bagelen, dikritik oleh Ruswandi, calon petahana yang kalah dalam pilkades tersebut. Meski mengaku legawa dengan kekalahannya, tapi ia menengarai ada indikasi panitia pilkades tidak netral dan terkesan membela salah satu calon.
“Secara pribadi saya legawa, bisa menerima kekalahan, tapi saya hanya ingin memberi pembelajaran terhadap panitia agar ke depannya tidak terulang lagi. Karena ini menyangkut hak pilih warga,” kata Ruswandi kepada wartawan, Minggu (3/1).
Dikatakan, berdasarkan laporan sejumlah warga, indikasi tidak netral yang dilakukan panitia pemilihan meliputi teknis dan non teknis. Secara teknis, disain lipatan kartu suara tidak lazim dan sangat membingungkan pemilih. Akibatnya banyak suara yang tidak sah karena terdapat dua lubang.
“Biasanya kartu suara dilipat kedalam, tapi ini dilipat keluar sehingga waktu dibuka sudah terlihat gambar kedua calon. Warga yang tidak paham langsung mencoblos, padahal masih ada lipatan lagi sehingga tembus dua lubang,” kata Ruswandi.
Menurut Ruswandi, sebenarnya hal itu bisa diminimalisir jika panitia gencar memberi sosialisasi, tapi panitia tidak melakukan itu. “Panitia hanya sekali memberi sosialisasi, itupun warga yang hadir di tempat pemungutan suara masih sedikit sehingga banyak yang tidak paham,”ucapnya.
Ruswandi merasa yang paling dirugikan. Sebab dari sebagian banyak suara tidak sah yang mendukung dirinya.
Ruswandi juga mendapat laporan ada anggota panitia yang ikut memasang, membagikan bahkan mengajak untuk memilih salah satu calon kades. Hal itu dinilai tidak benar dan melanggar.
Namun demikian Ruswandi tidak akan memperpanjang persoalan itu karena tidak ingin dianggap mencari kambing hitam kekalahannya.
“Sekali lagi saya tegaskan, saya legawa menerima kekalahan, ini sifatnya hanya untuk edukasi saja,”pungkas Ruswandi.
Daftar pemilih tetap di Desa Soko tercatat sebanyak 1.300 orang. Jumlah yang hadir sebanyak 1.028 dan jumlah kartu suara rusak atau tidak sah 292 kartu. Dalam pemilihan tersebut Ruswandi mendapat 353 suara sedang Mulyono meraih 383 suara. (W5)

Tinggalkan Balasan