Jelang Pengetan Jumenengan Cokronegoro I, Bupati dan Wabup Ziarah ke Bulus dan Kayulawang

GEBANG, Mengawali acara Pengetan Jumenengan Bupati I Purworejo, Bupati Agus Bastian dan Wakil Bupati Yuli Hastuti melakaukan ritual ziarah ke makam RAA Cokronegoro I di Desa Bulus, Kecamatan Gebang, Senin (26/2). Lalu dilanjutkan ziarah ke makam Cokrobegoro III dan IV di komplek yang sama.

Ziarah pertama di makam Cokrobegoro I, III dan IV, Bupati dan Wabup didampingi Kapolres AKBP Teguh Tri Prasetya, SIK, Dandim 0708 Letkol Inf Aswin Kartawijaya dan sejumlah pejabat.

Sebelum tabur bunga, Bupati dan rombongan melakukan doa bersama yang dipimpin kyai setempat. Selanjutnya Bupati berpindah ke bukit Kayulawang, Kelurahan Mudal, Kecamatan Purworejo, lokasi makam Cokronegoro II.

Cokronegoro II adalah putra nomor dua dari Cokronegoro I. Di komplek itu terfapat cungkup makam Penghulu Landrat Baedowi, seorang tokoh Pendiri Masjid Agung Darul Muttaqin.

Acara Pengetan Jumenengan Bupati Purworejo I akan digelar Selasa (27/2) malam di Pendopo Kabupaten Purworejo dan dilanjutkan esok harinya dengan kegiatan pameran dan pertunjukan kesenian. (Nas)

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *