Jelang Debat Terbuka Besok, Ketiga Calon Bupati Nyatakan Siap

PURWOREJO, KPU  Purworejo akan menggelar Debat Terbuka antar Paslon peserta Pilbup Purworejo putaran pertama pada Jumat malam (13/11) mulai pukul 19.30 di Aula Gedung Wanita. Debat publik tersebut tidak bisa disaksikan langsung di lokasi, tapi hanya bisa ditonton melalui siaran TVRI Jawa Tengah.

Menurut Komisioner KPU Purworejo, Akmaliyah, tema debat putaran pertama kali ini yakni Pembangunan Terintegritas dalam Mewujudkan Purworejo yang Sejahtera.

Adapun materinya berkisar pada upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan pada masyarakat, dan upaya menyelesaikan persoalan daerah.
Terkait dengan rencana tersebut, Purworejonews menanyakan kepada ketiga paslon tentang persiapan serta strategi dalam menghadapi debat yang akan berlangsung selama dua jam itu. Ketiganya memberikan jawaban melalui telepon serta saluran WhatsApps, Kamis (12/11).

Calon bupati nomor 1 Agustinus Susanto yang menjawab melalui saluran telepon mengatakan, dirinya sudah menyampaikan visi misi kepada masyarakat. Dalam setiap kesempatan bertemu dengan masyarakat ia selalu menanyakan problem yang dihadapi masyarakat terkait kehidupan sehari-hari. 

“Saat bertemu dengan petani, mereka mengeluhkan harga pupuk yang mahal tapi nilai jualnya rendah. Selain juga bibit yang dibagikan, tidak sesuai keinginan,” ujarnya. 

Di bidang pendidikan, Agustinus mendapat masukan tentang mahalnya biaya pendidikan, termasuk harga buku dan baju seragam serta uang gedung. 

Agustinus menyebut, dirinya tidak ada beban menghadapi debat besok. Dirinya hanya fokus untuk melayani masyarakat Purworejo.

Sementara, calon bupati nomor 2 Kuswanto melalui juru bicaranya Eri Widyo mengatakan, dirinya siap untuk melakukan debat besok. 

“Saya tidak ada persiapan khusus karena selama ini sudah mendapatkan aspirasi dari masyarakat selama kampanye. Selain itu juga kami sudah mendapat masukan dari pakar yang mengerti tentang Purworejo.”

Saat ditanya tentang kehadiran Kuswanto bersama wakilya yakni Kusnomo, Eri menyatakan keduanya akan hadir. “Insya Allah akan hadir berdua. Kami minta dukungan dan doanya,” ucap Eri mewakili Kuswanto.

Adapun Calon Bupati nomor 3 yakni Agus Bastian, juga senada dengan paslon lainnya. Melalui pesan WhatsApps, Agus Bastian menjawab,

Ndak ada persiapan khusus. Semuanya sudah siap, sudah seperti biasanya.” 

Saat ditanya tentang optimistisnya kali ini, calon bupati petahana itu kembali menjawab, “Mau tidak mau harus optimis, kan sudah persiapan menjalankan semua kebijakan pemerintah.” 

Tinggal kita tunggu bagaimana ketiganya dapat melalui tahapan debat sesuai dengan yang diharapkan baik oleh Paslon maupun oleh masyarakat pada debat yang tinggal sehari lagi. (Dia)

Tinggalkan Balasan