Jajaki Kerjasama Bidang Pertanian, Delegasi Australia Temui Bupati Purworejo

PURWOREJO, Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM menerima kunjungan delegasi dari Australia, di Pringgitan Rumah Dinas Bupati, Rabu (26/2). Kedua tamu dari Negeri Kanguru itu, Bruce Pearce (ahli pertanian) dan O’Brien, aktivis Grow Safe Australia, menjajaki kemungkinan kerjasama di bidang pertanian dengan Pemkab Purworejo.

Usai bertemu Bupati, Bruce Pearce, menjelaskan, kunjungannya ke Purworejo guna menindaklanjuti hasil kunjungan Presiden Jokowi ke Australia beberapa waktu lalu, yaitu tentang peningkatan kerjasama di bidang pertanian.

“Kami mengenal Purworejo sebagai lumbung pangan di Jawa bahkan di Indonesia. Oleh karena itu kami tertarik untuk melakukan tukar pengetahuan di bidang pertanian,” ujar Bruce kepada awak media.

Menurut Bruce dan O’Brien, sistem pengolahan lahan pertanian di Australia Barat menerapkan teknologi yang memungkinkan meningkatkan produksi. Penerapan teknologi pertanian itulah yang bisa dikerjasamakan dengan Purworejo.

Di sisi lain, Bruce juga mengaku tertarik dengan brown sugar atau gula semut dan ingin ikut mempromosikan salah satu produk unggulan Purworejo itu di Australia. Hal itu karena gula semut bisa jadi solusi masalah kesehatan yang saat ini dialami oleh Australia.

Produk makanan dan minuman olahan yang disajikan kepada delegasi Australia

Sementara itu Kabag Humas Setda Purworejo, Rita Purnama, SSTP, menjelaskan, dalam pertemuan tertutup dengan delegasi Australia, Bupati Agus Bastian memaparkan berbagai peluang investasi produk pertanian yang bisa dikerjasamakan.

“Produk pertanian yang ditawarkan antara lain gula merah organik, keripik pisang, ramuan dan rempah-rempah, industri kedelai,” jelas Bupati seperti dikutip Rita Purnama.

Disamping itu juga investasi di bidang agroindustri seperti beras organik, susu kambing, pabrik pakan, penggemukan sapi dan industri peternakan lainnya.

“Kita masih harus menunggu tindak lanjut dari kunjungan ini. Jika mereka berminat, pastinya mereka akan kembali lagi ke Purworejo dan kita bikin letter of inten,” tambah Bupati usai pertemuan tertutup.

Sebelum melakukan pertemuan tertutup dengan Bupati, O’Brien dan Bruce Pearce menyempatkan diri mencicipi aneka produk makanan olahan yang disajikan. Antara lain jus susu jagung, air lemon sere, kopi Seplawan, clorot dan lain-lain. (Nas)

Tinggalkan Balasan