Investor Asal Malaysia Jajaki Kerjasama Pembangunan Pelabuhan Laut Dalam

PURWOREJO, Bupati Purworejo H Agus Bastian, SE, MM, menerima Simon Chen Chew Woon, seorang investor dari Malaysia, Selasa (3/4). Chen Chew, pengusaha bidang konstruksi pelabuhan itu didampingi Dirut PT Asiana Raya, Daniel, diterima di Ruang Kerja Bupati.

Bupati didampingi Sekretaris Daerah Said Romadhon, Asisten I Sekda Murwanto, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Widyo Prayitno, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Woro Widyawati dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Kedatangan Chen Chew untuk menjajaki kerjasama dengan Pemda Purworejo untuk membangun Deep Sea Port (Pelabuhan Laut Dalam) di Pantai Keburuhan, Kecamatan Ngombol.

Di depan Bupati, Chen Chew juga menawarkan kerjasama penambangan pasir besi dan pengerukan sedimentasi hilir Sungai Jali. Dalam pembangunan ketiga proyek itu Chen Chew ingin didukung oleh perusahaan milik Pemda.

“Kami punya pengalaman membangun pelabuhan di beberapa negara, termasuk di Doha, Qatar,”ujar Chen Chew.

Menurut Chen Chew, pembangunan Deep Sea Port di Pantai Keburuhan sangat strategis untuk persinggahan kapal-kapal besar. Saat ini pelabuhan di perairan Samudera Indonesia hanya ada di Cilacap.

Bupati Purworejo Agus Bastian menyatakan menyambut baik keinginan pengusaha asal Malaysia itu untuk menanamkan investasi di Purworejo. Namun Bupati minta agar investor fokus pada pembangunan pelabuhan laut dalam.

“Pembangunan pelabuhan laut dalam memang merupakan salah satu program yang kami tawarkan. Proyek itu juga terkait dengan pengembangan program Bording City,”jelas Bupati.

Menanggapi tawaran untuk kerjasama dalam penambangan pasir besi, Bupati langsung menolak. Hal itu menurut Bupati karena penambangan pasir besi pernah dilakukan dan berdampak buruk bagi lingkungan setempat.

Bupati menegaskan, program Aero City di Yogyakarta masih kekurangan lahan. Satu-satunya daerah yang bisa digunakan untuk pengembangan Aero City yaitu wilayah Purworejo.

“Peluang itu bisa kita ambil dalam bentuk Border City. Jika pelabuhan laut dalam dibangun, maka akan makin lengkap untuk menjadikan Purworejo sebagai daerah yang maju,”tandasnya. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *