Hari Pahlawan, Ribuan Pemuda Akan Ikuti Long March Perjuangan dari TMP Wareng ke Alun-alun

PURWOREJO, Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018 di Kabupaten Purworejo bakal ditandai dengan napak tilas pejuang dengan tajuk Long March Perjuangan. Long march menempuh jarak 20 km dari Taman Makam Pahlawan Tentara Pelajar Desa Wareng, Kecamatan Butuh hingga Alun-alun Purworejo, akan digelar Minggu (11/11) pagi.
“Long march akan diikuti oleh 1.500 peserta yang terdiri atas pelajar SMA/SMK, mahasiswa, anggota ormas pemuda, karang taruna, pesantren, prajurit TNI, dan anggota Polri,” jelas Dwi Wahyu Atmaji, Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut, Jumat (09/11).
Dikatakan, rangkaian acara napak tilas itu dimulai dengan pembukaan Pameran Lukisan Pejuang di pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo, oleh Sekda Purworejo Said Romadhon, Jumat pagi.
Sejumlah lukisan wajah para pahlawan dan tokoh masyarakat Purworejo terpajang di pendopo tersebut. Antara lain Kasman Singodimedjo, WR Supratman, Soegijopranoto, Sarwo Edi Wibowo. “Ada juga peluncuran buku berisi deskripsi para pejuang dari Purworejo,” Atmaji yang juga Ketua Umum Muda Ganesha.
Seperti diketahui, nama WR Supratman telah dikenal sebagai pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Tetapi umumnya orang tidak tahu bahwa ia putra kelahiran Purworejo. Hal itu merupakan tantangan bagi Muda Ganesha untuk memperkenalkan kepada generasi muda.
“Terlebih tahun ini ada seorang putra Purworejo yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Adanya sederet nama pejuang tanah air yang merupakan putra Purworejo, bisa membranding kota ini sebagai kota pejuang, ” tuturnya.
Ditambahkan, Purworejo dinilai banyak berjasa dalam membantu perjuangan Tentara Pelajar dalam mempertahankan kemerdekaan. Kehadiran SMA 1 Purworejo juga tidak lepas dari peran tangan tentara pelajar. “Kita pantas mengingat dan mengenang jasa para pejuang dan pahlawan kita. Lebih dari itu kita perlu mewarisi dan mewariskan nilai-nilai perjuangan itu kepada generasi muda,” ungkap Atmaji.
Acara yang akan berlangsung hingga 11 November 2018 dimeriahkan dengan bazaar kuliner khas Purworejo, panggung hiburan, display peralatan/kendaraan militer. Selain itu, acara juga dimeriahkan dengan penampilan Drum Band Gita Abdi Praja dari IPDN. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *