Hari Ini Tambahan Positif Covid-19 Nihil, Kadinkes Klarifikasi Informasi Hoax

PURWOREJO, Hari Selasa ini (22/12) Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo, dr Toklha Amaruddin, Sp.THT, M. Kes merilis tidak ada penambahan terkonfirmasi Covid-19 di Purworejo. Demikian pula dengan jumlah warga yang masih menungu hasil swab masih sama dengan hari sebelumnya. Hal itu menurut dr Tolkha, karena hingga pukul 12.00 tadi siang tidak ada hasil (yang) keluar.

Meski begitu, kali ini ada klarifikasi tentang kabar yang beredar di media sosial WhatsApp dan Facebook yang menampilkan gambar dan tulisan The Highest Covid Case dengan posisi
Purworejo paling tinggi se-Jateng dan No 4 se-Indonesia.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo dr Sudarmi, MM memberikan penjelasan.

Kadinkes Purworejo dr Sudarmi, MM

Menurutnya, berdasarkan penelusuran, gambar tersebut bukan jumlah kasus Covid-19, melainkan merupakan grafik Rate of Transmission (RoT) kasus covid yang didasarkan pada rata-rata penyebaran kasus dari satu orang ke orang yang lainnya dari hasil testing dan tracing dalam penanganan pandemi Covid-19.

Dr Sudarmi menegaskan, untuk jumlah kasus Covid-19 di kabupaten Purworejo relatif terkendali dan secara kumulatif berada bukan yang tertinggi di Jawa Tengah. “Purworejo sendiri sudah masuk kategori orange, dengan risiko sedang,” jelasnya.

Ia menegaskan, transmisi tersebut berubah setiap hari karena real time sesuai penemuan kasus baru hasil testing dan tracing. Masyarakat pun dihimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan di semua aktivitas, pakai masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak, dan jangan berkerumun.

“Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang didapat. Pastikan informasi itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkas dr Sudarmi. (Dia)

Tinggalkan Balasan