Hadapi UNBK, SMPN 2 Gelar Khotmil Quran

BANYUURIP, Keluarga besar SMPN 26 Purworejo, menggelar kegiatan Khotmil Qur’an, Sabtu (21/4) kemarin. Kegiatan digelar berbarengan dengan peringatan Hari Kartini, sekaligus peringatan Isro Mi’roj Nabi Muhammad SAW serta doa bersama persiapan UNBK bagi siswa kelas 9.

Kepala SMPN 26 Purworejo, Khusnan Kadari menjelaskan, Khotmil Qur’an itu digelar yang ke 34 kali, sejak dirinya menjabat sebagai kepala sekolah pada Juni tahun 2013 lalu.

Disebutkan, input siswa SMP Negeri 26 Purworejo adalah siswa yang tidak diterima di sekolah negeri lain. Mulai dari wilayah kecamatan Bayan, Purworejo, Loano, Kaligesing, Bagelen, Ngombol, Purwodadi dan terbanyak dari Kecamatan Banyuurip.

“Ketertinggalan bidang akademis sulit mengejar sekolah lain, maka program unggulan dari SMP Negeri 26 adalah melalui kegiatan non akademis,” ujarnya.

Dikatakan, kegiatan non akademis yang menonjol di antaranya, ekstra kurikuler pencak silat. Dimana ekskul tersebut telah mampu menjadi juara umum 2 tahun berturut-turut di even silat bergengsi Tingkat Jawa Tengah dan Yogjakarta di Bantul beberapa waktu lalu. Sehingga SMPN 26 Purworejo berhasil memperoleh Piala Gubernur DIY.

“Terobosan untuk mewujudkan insan yang relegius tidaklah semudah membalikkan tangan. Karena kebanyakan siswa berasal dari keluarga yang tidak agamis. Namun kami percaya bahwa keadaan ini dapat berubah dengan kekuatan doa,” katanya.

Pihaknya berharap, dari kegiatan itu bisa menjadi media pembelajaran pada semua warga di SMP Negeri 26, terutama para siswa. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *