Guna Wujudkan Purworejo Lumbung Durian, Wabup Awali Gerakan Tanam Pohon Durian di Kaligesing

KALIGESING, Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti, SH dan Sekda Drs Said Romadhon melakukan penanaman pohon durian jenis Musang King di Dusun Krajan, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Minggu (9/2). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Gerakan Menanam Pohon Durian yang dirangkai dengan jalan sehat bersama masyarakat.
Selain Wabup dan Sekda, penanaman pohon durian juga dilakukan oleh Kadinas PPKP Wasit Diyono, Kadinas Lingkungan Hidup Al Bambang Setiyawan, Kadisdikpora Sukmo Widi Harwanto, serta Camat Kaligesing Haryono.
Wabup menyatakan sangat mengapresiasi pelaksanaan gerakan tanam pohon durian, sebagai upaya untuk membudayakan menanam pohon durian. Apalagi Kaligesing sangat dikenal buah duriannya sampai ke luar daerah. Sehingga pada musim durian banyak pengunjung berdatangan ke Kaligesing.
“Oleh karena itu kelestarian durian Kaligesing harus dijaga dengan melakukan penanaman pohon durian sejak sekarang. Bukan tidak mungkin suatu ketika Kabupaten Purworejo menjadi lumbung durian,” tandasnya

Wabup minta agar terus-menerus mempromosikan durian melalui berbagai media massa, agar semakin dikenal secara luas dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Wabup Yuli Hastuti mengangkat bendera start kegiatan jalan sehat

Sementara itu Camat Kaligesing Haryono mengungkapkan rasa bangga dengan adanya kegiatan tersebut.

“Jalan sehat ini bertujuan sebagai silaturahim antara pimpinan daerah dengan warga masyarakat Kaligesing. Dari 21 desa yang ada di Kaligesing, masih banyak warganya yang belum pernah melihat secara langsung Bupati maupun Wakil Bupati mereka,” ujarnya.
Disamping juga sebagai ajang peluncuran program klasterisasi Kaligesing sebagai penghasil durian, manggis, dan kopi. Kluster durian, lanjut Haryono, meliputi Desa Kaligono, Kaliharjo, Kedunggubah, Jelok, Somongari dan Jatirejo.
Sedangkan klaster manggis dan kopi meliputi Desa Tlogoguwo, Pandanrejo, Donorejo, Tegalsari, dan Pucungroto.
“Kami mendapat bantuan 3.000 bibit tanaman pohon manggis dari PPKP untuk menyukseskan program klasterisasi ini,” imbuhnya.

Kaligesing, ujar Hartono, juga terus menggalakkan program desa tercepat lunas PBB di empat desa yakni Tlogoguwo, Hadimulyo, Pandanrejo, dan Hulosobo. (Dia)

Tinggalkan Balasan