Gregeg Kampung di Pituruh Dibanjiri Pengunjung

PITURUH, Masyarakat tumpah ruah di halaman kantor Kecamatan Pituruh, meramaikan berbagai kegiatan yang diberi tajuk Grebeg Kampung, Selasa (6/8). Dari anak-anak, dewasa hingga orang tua bercampur baur mengikuti Grebeg Kampung yang menyuguhkan tari tradisional cingpoling, lomba masak non beras, senam bersama, lomba mewarnai, dan lomba menggambar.
Kegiatan yang dibuka Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Hj Fatimah Verena Prihastyari, SE itu juga dihadiri Camat Pituruh Siti Choeriyah, SSTP beserta Muspika, dan turut mendampingi sejumlah pengurus PKK kabupaten.
Dalam sambutannya Fatimah Verena Prihastyari mengapresiasi pelaksanaan Grebeg Kampung yang melibatkan peran masyarakat dalam ikut mendukung pembangunan. Salah satunya dengan pemberdayaan masyarakat yang diikuti anggota PKK dalam bentuk berbagai lomba dan diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk terus berkreasi.
Apalagi, lanjutnya, dalam akan beroperasi bandara baru Yogyakarta yang letaknya berhimpitan dengan sisi selatan wilayah Kabupaten Purworejo. Maka harus kita respon dengan kegiatan-kegiatan yang memungkinkan perbaikan pendapatan masyarakat.
“Siapkan untuk menggali kemampuan dan juga memoles daerah untuk kesejahteraan masyarakat. Supaya kita tidak hanya jadi penonton tetapi menjadi bagian penting di dalamnya untuk peningkatan perekonomian daerah. Potensi-potensi lokal desa atau kecamatan yang unik dan menarik yang berbentuk kesenian, kerajinan tangan sampai dengan kuliner atau jenis makanan, dapat menjadi pendukung kepariwisataan,” harap Ny fatimah.
Sementara itu Camat pituruh Siti Choeriyah menjelaskan, Grebeg Kampung itu sekaligus dalam rangka peringatan HUT ke 73 Kemerdakaan RI tingkat Kecamatan Pituruh. Sekitar 1.000 warga masyarakat Kecamatan Pituruh turut dalam kegiatan ini.
“Selain itu juga akan diadakan expo dan pagelaran kesenian tradisional kethoprak. Ini sebagai upaya untuk menjalin kebersamaan dengan masyarakat, karena masyarakat adalah bagian penting dalam pembangunan,” jelas Cica panggilan akrab Siti Choeriyah. (*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *