Grebeg Durian Awali Perhelatan Hari Jadi Ke-189 Kabupaten Purworejo

PURWOREJO, Grebeg Durian yang akan dihelat hari Jumat hingga Minggu (14-16/2) menjadi agenda pertama rangkaian acara menyambut Hari Jadi ke-189 Kabupaten Purworejo yang telah disiapkan Pemkab Purworejo melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud). Selain arak-arakan durian, masyarakat juga bisa mendapatkan durian gratis.

Hal itu disampaikan Kadinparbud Kabupaten Purworejo, Agung Wibowo, AP saat menggelar jumpa pers di ruang Press Center Setda, Jumat (7/2). Agung didampingi Kabag Humas dan Protokol Setda Purworejo, Rita Purnama, SSTP.

Ia menyebut, ada 18 rangkaian acara yang akan dihelat menyambut HUT ke-189 Kabupaten Purworejo tahun ini.

Agung merinci, dalam Grebeg Durian , selain arak-arakan dan makan durian gratis, di pendopo kabupaten juga digelar bazaar, aneka olahan durian, penjualan bibit durian dan buah-buahan lain. Tujuannya untuk mengenalkan Purworejo sebagai salah satu sentra durian d Indonesia.

Berikutnya adalah Gending Setu Legi yang digelar Sabtu (15 /2) di pendopo yang mendatangkan dalang dari Belanda serta pesinden dari Itali.

Purworejo Bersholawat

Nuansa religi juga ditampilkan dalam acara Purworejo Bersholawat bersama Habib Syekh yang akan diadakan Senin (17/2) di Alun-alun Purworejo mulai pukul 19.30.

Rangkaian kegiatan lain, lanjut Agung, yakni Muhibah Budaya selama lima hari (18-22/2) yang merupakan kolaborasi dengan Dinas kebudayaan DIY.

“Rangkaian kegiatannya berupa pameran museum (Selasa,18/2), sosialisasi aksara Jawa (Rabu, 19/2),
Eksposur sejarah (Kamis, 20/2), Jumpa Sahabat Museum (Kamis dan Jumat,20-21/2),” ucap Agung

Juga workshop tari putra putri yang dilatih oleh penari profesional dari Kraton Yogyakarta, macapat, serta workshop busana Jawa jogja.
Selain itu juga ada pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang digelar Jumat (21/2) malam di halaman pendopo dengan dalang Ki Aneng Kuswantoro.

Puncak muhibah budaya yakni
Malam Budaya pada Sabtu (22/2). “Dalam acara itu diharapkan Ngarsa Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bisa hadir,” ujar Agung.

Arak-arakan PKL Kutoarjo

Tasyakuran PKL Kutoarjo juga masuk dalam rangkaian acara menyambut HUT Purworejo kali ini. Acara yang akan diadakan Kamis malam (20/2) berupa arak-arakan dari Rumah Dinas Wabup sampai shelter alun-alun Kutoarjo dan diakhiri pengajian bersama.

Pagi harinya, Minggu (23/2) berupa sepeda santai dimulai dari depan pendopo kabupaten dan gratis untuk umum. Hadiah utama berupa 7 buah motor.

Agenda rutin seperti tahun sebelumnya adalah Ziarah ke Makam Singowijoyo di Bragolan, Tjokronegoro I, III, dan IV di Bulus serta makam Bupati Tjokronegoro II di Mudal.

Selain muhasabah, Pemkab juga mengadakan Pengajian Akbar yang digelar Selasa (25/2) di pendopo kabupaten.

Pemkab juga memberikan kesempatan kepada pelajar SD, SMP, dan SMA unjuk kebolehan dalam Pentas Karawitan Kamis (27/2) dari pukul 08.00 hingga 17.00.di pendopo kabupaten.

Di hari yang sama juga diadakan Sidang Paripurna DPRD dengan agenda peringatan ke -189 Hari Jadi Kabupaten Purworejo, dilanjutkan dengan peresmian proyek-proyek pembangunan yang dilakukan di RSUD Tipe C RAA Tjokronegoro. Malam harinya digelar Pengetan Jumenengan dan sendratari.

Bertaburan Artis Ibu Kota

Tak kalah menariknya adalah Kilau Raya berupa pertunjukan seni dan musik yang disiarkan MNC TV secara off air dan on air pada Sabtu (29/2), di Alun-alun Purworejo. Di atas panggung sepanjang 50 meter itu bakal bertaburan artis top Ibu Kota.

Parade Budaya juga kembali diadakan seperti tahun sebelumnya. Hanya saja kali ini rutenya melewati Pasar Baledono agar para pedagang yang ada di sana juga bisa turut menikmati meriahnya acara.

Kegiatan yang diadakan Sabtu (7/3) itu akan menampilkan sembilan kereta kencana dari Jogja dan satu dari Purworejo, disamping juga
drumband kraton Jogjakarta.

Malam harinya di Amplitheater digelar Simponi Anak Negeri untuk mengenang pahlawan WR Supratman.

Agenda lain yakni pameran foto dan dokumentasi yang diadakan Jumat hingga Minggu (6-8/3) di pendopo.
Selain itu juga Gebyar PAUD dan pembukaan Popda pada Rabu (4/3) di kompleks pendopo.

Rangkaian kegiatan HUT ke-189 Purworejo diakhiri dengan event Modifikasi Otomotif pada Sabtu dan Minggu (14-15/3) di pendopo
Kabupaten.

Agung berharap seluruh lapisan masyarakat Purworjo dapat menikmati dan berpartisipasi dalam acara yang telah disiapkan. (Dia)

Tinggalkan Balasan