Gotong Royong Bersihkan Desa, Warga Karangtalun Siap Jadi Kampung Iklim

NGOMBOL, Warga Desa Karangtalun, Kecamatan Ngombol, sepakat menggiatkan gerakan gotong royong berupa pembersihan dan penataan wilayah desa. Gerakan gotong royong diawali Minggu (8/4) pagi, diikuti orang tua, para remaja dan anak-anak.

“Kegiatan itu untuk mewujudkan impian menjadi Kampung Iklim yang tidak lama lagi akan diluncurkan,” kata Kepala Desa Karangtalun, Untung Setiyanto, SE.

Dijelaskan, gerakan gotong royong telah menjadi kesepakatan seluruh warga. Diagendakan, kerja bakti masal akan dilakukan secara rutin pada pekan pertama setiap bulan.

“Hari ini warga mengawali gerakan gotong royong untuk menyongsong program Kampung Iklim. Konsentrasi pertama kita mulai dengan menata wajah depan desa dan kerja bakti berikutnya penghijauan,” kata Untung di sela-sela kegiatan kerja bakti.

Disebutkan, Desa Karangtalun yang berada di bagian selatan Kabupaten Purworejo memiliki topografi wilayah dataran rendah dan didominasi area pesawahan padi. Kondisi tanah yang subur juga menjadikannya mudah dalam mengembangkan berbagai jenis tanaman.

“Kampung Iklim sebenarnya dirintis sudah cukup lama. Dipilih menjadi program unggulan desa sesuai dengan kondisi itu dan beragam potensi yang ada. Salah satunya kita sudah memiliki Bank Sampah Berlian,” sebutnya.

Harapannya Kampung Iklim dapat berjalan dan menjadi percontohan di Kabupaten Purworejo. Lebih dari itu, dengan adanya kampung Iklim sekitar 170 kepala keluarga (KK) dapat merasakan manfaat.

“Semua potensi akan kita garap. Ini sekaligus menjadi upaya meningkatkan derajat kesehatan dan kesejateraan perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

Untung menjelaskan, adanya semangat warga juga mendorong pemerintah desa untuk menjadikan Karangtalun sebagai Kampung IT dan Kampung Wisata. Pihaknya optimis program tersebut dapat terwujud dalam waktu dekat.

“Kita sudah memiliki perencanaan lingkungan yang matang. Modal utamanya adalah semangat warga,” jelasnya. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *