Gedung SDIT Salsabila Nyaris Hangus Gara-gara Lahan Kosong di Borokulon Terbakar

PURWOREJO, Bangunan sekolah SDIT Salsabila 05 Purworejo yang berada di Jalan Soekarno-Hatta, ringroad selatan Kelurahan Borokulon, Kecamatan Banyuurip, nyaris terbakar, Rabu (14/8) siang. Beruntung, kobaran api yang bersumber dari terbakarnya sampah dan rerumputan di sebidang lahan kosong di sebelahnya dapat dipadamkan sebelum menyambar bangunan.

Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu. Namun, aktivitas belajar mengajar sempat terhenti. Ratusan siswa panik dan berhamburan keluar kelas.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebut, lahan yang berada di sebelah utara kompleks sekolah tersebut terbakar sekitar pukul 11.00 WIB. Percikan api bermula dari adanya pembakaran sampah serta rerumputan.

Banyaknya rumput kering menyebabkan api cepat menjalar. Para guru dan karyawan sekolah yang mengetahui kepulan asap pun beramai-ramai melakukan pemadaman dengan ember berisi air serta alat seadanya lainnya.

Pihak sekolah juga menghubungi Pemadam Kebakaran (Damkar) Purworejo. Api berhasil dipadamkan setelah 2 unit armada Damkar tiba dan langsung memadamkan kobaran api.

“Kami dihubungi pihak sekolah bahwa telah terjadi kebakaran di lahan dekat sekolah. Kurang dari 10 menit kita sampai lokasi dan langsung melakukan pendinginan,” kata salah satu anggota regu Damkar, Dwi Aji, yang berada di lokasi kejadian.

Regu Damkar bersama para guru dan karyawan langsung melakukan pendinginan dan memastikan tidak adanya kobaran api yang berpotensi menjalar ke objek bangunan terdekat, salah satunya yakni gasebo. Upaya pendinginan juga dilakukan bersama petugas Polsek, Koramil, dan warga setempat.

“Alhamdulillah tidak ada korban dan kerugian material yang berarti. Sekitar pukul 11.45 WIB lokasi dipastikan aman,” sebutnya. (W5)

Tinggalkan Balasan