Disperinnaker Lepas 29 Calon TKI ke Malaysia

PURWOREJO, Sebanyak 29 calon tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Purworejo dan satu dari Sragen diberangkatkan ke pabrik Shin-Etsu (M) SDN BHD Sah Alam, Selangor, Malaysia Barat. Para pekerja tersebut diberangkatkan oleh PT Dian Yogya Perdana selaku jasa penyalur tenaga kerja. Mereka dilepas oleh Sekretaris Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo, Pracoyo, S.Sos, Senin (30/7).
Dalam kesempatan itu Direktur Utama PT Dian Yogya Perdana, Darsum, berpesan agar para calon tenaga kerja bisa menjaga nama baik bangsa dan negara serta menjadi tenaga kerja yang taat aturan.
Dirinya juga berpesan agar selama bekerja para calon tenaga kerja bisa menjaga diri dan tidak boros.
“Meski di Malaysia harga kebutuhan pokok lebih rendah dan gaji lebih tinggi namun harus tetap hemat, “katanya.
Darsum juga membagikan sejumlah nomer pejabat di KBRI Malaysia yang bisa dihubungi jika para calon tenaga kerja mendapati masalah selama berada di negara tersebut.
“Kita berharap tidak ada masalah, namun jika ada jangan menghubungi orang lain, silahkan menghubungi nomer yang sudah saya bagikan, “tegas Darsum.

Menurut Darsum, biaya berangkat calon TKI ke malaysia Rp 9,5 juta dan bisa meminjam KUR BRI diangsur 10 bulan.

Sementara Pracoyo, S.Sos mengatakan agar para calon Buruh Migran Indonesia yang hendak berangkat ke Malaysia secepatnya beradaptasi dengan negara tujuan karena perbedaan budaya dan lingkungan.
“Jangan mudah percaya dengan orang yang belum dikenal dan mengaku-aku sudah kenal, “ucapnya. (W5)

Tinggalkan Balasan