Gabungan Fraksi DPRD: Pengisian Jabatan Camat dan Lurah Agar Transparan

PURWOREJO, Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Purworejo minta agar Bupati Agus Bastian transparan dalam melakukan pengisian jabatan camat dan kepala kelurahan. Sebab, penempatan camat dan kepala kelurahan untuk menghasilkan pejabat yang mampu dan akuntable.

Pernyataan gabungan fraksi itu dikemukakan dalam rapat paripurna Dewan, Selasa (9/7), dengan agenda pembahasan Rancangan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara Perubahan APBD 2019.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu Bupati Purworejo Agus Bastian mencopot 4 camat lalu dirotasi menjadi pejabat dengan eselon lebih rendah serta merotasi sejumlah kepala kelurahan.

Dalam rapat yang dipimpin Ketua DPRD Luhur Pambudi dan didampingi Wakil Ketua Yophi Prabowo dan Kelik Susilo Ardani itu, fraksi-fraksi DPRD kecuali Fraksi PKS menyampaikan pandangan umumnya dalam satu naskah dan dibacakan oleh Prabowo dari FPDIP.

Selain soal pengisian jabatan camat dan lurah, gabungan fraksi juga menyoroti adanya pengurangan dana perimbangan yang mencapai Rp 24,6M lebih. Pengurangan tersebut sebagian besar akibat penurunan Dana Alokasi Khusus senilai Rp 24,4 akibat banyaknya SiLPA (sisa lebih perhitungan anggaran).

Gabungan Fraksi-fraksi juga minta agar Pemkab Purworejo mengkaji peluang dibangunnya pelabuhan laut dalam di Pantai Keburuhan Kecamatan Ngombol, sebagai akses lalu lintas barang dan jasa kepelabuhanan.

Selain itu bupati juga diminta segera menindaklanjuti terkait RTRW, karena perkembangan keadaan dan dinamika pembangunan, seperti adanya pembangunan New Yogyakarta International Airport, Bendung Guntur di Bener dan Otorita Borobudur Heritage.

“Pemda perlu mengantisipasi keberadaan ketiga proyek itu, supaya Purworejo dapat mengambil keuntungan,”tandas Prabowo. (Nas)

Tinggalkan Balasan