Fakultas Teknik UMP Terima Sertifikat Akreditasi B

PURWOREJO, Fakultas Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Purworejo mendapat sertifikat Akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Dekan Falkutas Teknik Sipil, M Taufik mengatakan Akreditasi B berlaku untuk lima tahun. 

“Namun demikian jika ada usulan perbaikan bisa saja sebelum 5 tahun sudah dievaluasi lagi, “kata M Taufik saat ditemui di UMP, Jumat (9/2).

Disebutkan, ada sejumlah item yang harus dipenuhi sehingga sebuah lembaga pendidikan mendapat sertifikat Akreditasi B. Diantaranya, sumber daya nanusia (SDM), sarana prasarana, proses perkuliahan, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dan mahasiswa, dan kegiatan mahasiswa dan alumni. 

Diungkapkan, Prodi Teknik Sipil sudah ada sejak 1999 bersamaan peralihan nama dari IKIP Muhammadiyah ke UMP. Dan sejak tahun 2017 Fakultas Teknik yang dulunya hanya Teknik Sipil kini ditambah dengan Teknik Inspirasi. 

Menurutnya, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik UMP memiliki misi menyelenggarakan program studi teknik sipil menguasai konsep teoritis, terampil dan inovatif dalam rekayasa ketekniksipilan. Menghasilkan produk layanan penelitian yang dapat meningkatkan perkembangan iptek, industri jasa kontruksi, dan infrastruktur publik. 

Memberikan pelayanan kepakaran dan keilmuan bagi industri maupun institusi lainya secara bertanggungjawab dalam program pengabdian kepada masyarakat secara berkelanjutan. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak/lembaga untuk mendukung pelaksanaan Caturdharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah. 

Dijelaskan, dengan meraih akreditasi B, Fakultas Teknik siap bekerjasama dengan masyarakat luas dan lulusan SMA maupun aparatur sipil negara (ASN) yang ingin melanjutkan studi guna kenaikan pangkat.

 “Syarat studi kenaikan pangkat bagi ASN adalah fakultas yang sudah terakreditasi B, karena kini syarat sudah terpenuhi maka kami siap menampung, “jelas Taufik. 

Dikatakan, saat ini Fakultas Teknik memilik empat kelas, 2 teknik sipil dan 2 teknik isnspiratif dengan jumlah mahasiswa 200 orang dan diampu oleh 8 dosen. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *