Erna Setyowati: Ajarkan Cinta NKRI Dimulai dari Taman Kanak-kanak

PURWOREJO, Ketua Yayasan Dian Dharma Kabupaten Purworejo yang membawahi TK Pertiwi, Dra Erna Setyowati Said Romadhon mengingatkan, Taman Kanak-Kanak (TK) sebagai pendidikan awal sangat penting dalam mengenalkan budaya. Termasuk menanamkan jiwa anak sejak dini akan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu disampaikan Erna Said pada perpisahan TK Pertiwi Cabang Purworejo, Selasa (15/5).Turut menghadiri Yuli Sutrsino, Endang Menot, Rimi Anas.

Lebih lanjut Erna Said mengatakan, cinta NKRI bisa ditanamkan kepada anak melalui berbagai kegiatan di sekolah maupun di luar sekolah.

“Tentu pendidikan di tingkat anak agar dibuat yang menyenangkan supaya tanpa terasa ilmu yang disampaikan bisa terserap dengan baik,” tuturnya.

Menurutnya, pendidikan di TK Pertiwi juga telah cinta NKRI dengan mengenalkan budaya yang ada di Indonesia. Juga mengenalkan budaya yang dimiliki Kabupaten Purworejo.

Erna Said menilai, TK Pertiwi memiliki kedekatan dan kerjasama yang baik dalam menjalin komunikasi antara sekolah dengan orangtua murid.

“Seperti yang terlihat pada perpisahan saat ini, orangtua sangat mendukung pelaksanaan kegiatan perpisahan yang dirangkai dengan berbagai tampilan kesenian yang dibawakan anak-anak,”katanya.

Sementara itu Kepala TK Pertiwi Eny Murtiastuti, S.Pd menjelaskan, perpisahan diikuti 40 anak terdiri atas 17 putra dan 23 putri.

Dijelasksan, kegiatan belajar selain di kelas juga di luar kelas. Termasuk melaksanakan upacara setiap hari Senin agar tertanam disiplin dan cinta NKRI, juga latihan tari dolalak setiap hari Rabu.

“Prestasi yang pernah diraih yaitu juara 2 lomba mewarnai, dan juara 2 melukis. Lulusan dari TK Pertiwi, alhamdulillah banyak yang masuk di SD negeri,” ujarnya bangga. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *