Dukuh Kidul Sidomulyo Jadi Proyek Percontohan Kampung Tertib Lalu Lintas

PURWOREJO, Dusun Dukuh Kidul RT 02 RW 03 Desa Sidomulyo, Kecamatan Purworejo, menjadi pilot project (proyek percontohan) Kampung Tertib Lalu Lintas. Kampung Tertib Lalu Lintas merupakan program dari Ditlantas Polda Jateng.
“Tujuan utama diadakannya Kampung Tertib Lalu Lintas untuk menekan angka laka lantas (kecelakaan lalu lintas-red). Sebab akhir-akhir ini angka laka lantas meningkat, “kata Ketua Tim Penilai Kampung Tertib Lalu lintas, Kompol Parno, yang menjabat Kasi Kerma Ditlantas Polda Jateng saat melakukan penilaian di Desa Sidomulyo, Kamis (15/11).
Diungkapkan, dari hasil Operasi Zebra selama 14 hari, di Purworejo terjadi 6 kasus laka lantas dengan 5 korban luka ringan. Sementara Jawa Tengah dan Indonesia rata-rata perhari mencapai 100 orang meninggal dunia akibat laka lantas,
“Maka dari itu pimpinan Polri membuat terobosan dengan membentuk Kampung Tertib Lalu Lintas dengan harapan warganya bisa menjadi contoh masyarakat yang lain bagaiman berlalu lintas yang baik dan benar, tidak melakukan pelanggaran yang mengakibatkan laka lantas, “ucap Kompol Parno.
Dijelaskan, dalan pembentukan Kampung Tertib Lalu Lintas ada sejumlah kriteria dan di Desa Sidomulyo semua sudah terpenuhi. “Sudah ada tempat baca, balai, tempat pertemuan, safety riding, marka jalan, papan himbauan dan gapura Kampung Tertib Lalu Lintas, “jelas Kompol Parno.

Disebutkan, tiga bulan ke depan akan ada penilaian tingkat nasional dan nantinya ada 3 Polres yang akan dipilih untuk maju ke tingkat nasional mewakili Jateng. “Kalau nantinya Purworejo terpilih ya tentunya akan mewakili Jawa Tengah ke tingkat nasional, “sebut Kompol Parno.
Sementara Kasat Lantas Polres Purworejo AKP Nyi Ayu Fitria Facha, SH menuturkan, terpilihnya Desa Sidomulyo sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas sudah melalui penelitian selama 2 bulan. Dari penelitian di beberapa desa akhirnya Desa Sidomulyo yang paling layak menjadi pilot project.
Menurutnya, dengan dibentuknya pilot project Kampung Tertib Lalu Lintas di Desa Sidomulyo dapat memotivasi dan menular ke kecamatan lain untuk berkeinginan menjadi pilot project seperti di Desa Sidomulyo.
Dalam kesempatan tersebut diserahkan piagam penghargaan oleh Kompol Suparno kepada Kepala Desa Sidomulyo Hadi Susilo. (W5)

Tinggalkan Balasan