Dua Bulan Buron, Pencuri di Mushala RSUD Dr Tjitrowardojo Akhirnya Ditangkap

PURWOREJO, Jajaran Unit Reskrim Polsek Purworejo, Rabu (11/9) lalu menangkap Sul (51), seorang perempuan warga Dusun Kebon Kuning I RT1 RW 4, Desa Soko, Kecamatan Bagelen, karena diduga sebagai pelaku tindak pidana pencurian di mushola RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo. Sul ditangkap setelah buron selama dua bulan.

Menurut Plt Kapolsek Purworejo Iptu Sukardi, korban pencurian yaitu Aanisah Aulia Zulfaa, warga Desa Bagelen, Kecamatan Bagelen, dan Oviana Elsa Kusuma Dewi, mahasiswi warga Kecamatan Purwodadi.

“Tersangka merupakan residivis spesialis pencuri di tempat ibadah,”kata Plt Kapolsek Purworejo Iptu Sukardi dalam pers rilis di Mapolsek Purworejo, Jumat (13/9).

Dijelaskan, peristiwanya terjadi Rabu (24/7) sekitar pukul 12.20 WIB saat korban sedang menjalankan ibadah shalat dhuhur. Saat itu kedua korban masuk ke dalam mushola RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo untuk sholat dhuhur dan meletakkan dua tas di samping belakang posisi sholat.

Satu buah tas slempang warna abu-abu kombinasi putih berisikan handphone merk Vivo V5 warna gold, surat-surat penting dan uang tunai senilai Rp 630.000.

Sedang tas yang satunya, totte bag warna coklat merek Alila Goods berisikan dua buah flashdisk, satu buah handphone merek Xiome Redmi S2, satu buah dompet warna putih yang di dalamnya berisikan surat-surat penting milik korban, dan uang tunai senilai Rp 102.000.

Namun setelah selesai sholat, betapa terkejutnya kedua korban mendapati kedua tas miliknya raib. Saat itu juga kedua korban melaporkan kejadian tersebut kepada pihak keamanan RSUD Purworejo.

“Setelah dilihat di kamera CCTV diketahui tas tersebut diambil oleh seorang perempuan. Korban pun langsung melapor ke Polsek Purworejo. Atas kejadian itu korban mengalami kerugian Rp 6 juta lebih,”jelas Iptu Sukardi.

Disebutkan, setelah melalui penyelidikan tersangka berhasil dibekuk pada Rabu (11/9) sekitar pukul 02.00 dini hari di Kampung Depok, Ambar Ketawang, Gamping Sleman, Yogyakarta. Polisi menyita HP Vivo milik korban dan pakaian yang dikenakan tersangka sewaktu melakukan pencurian.

Menurut Iptu Sukardi, tersangka merupakan residivis pada kasus yang sama di RSU Mungkid tahun 2014 di vonis 4 bulan dan di parkiran Abubakar Ali Yogyakarta tahun 2012 dan divonis 2 bulan penjara.

“Tersangka akan disangkakan
pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara,”terang Iptu Sukardi. (W5)

Tinggalkan Balasan