DPRD Batang Ngangsu Kawruh Pengelolaan Arsip di Purworejo

PURWOREJO, Komisi B DPRD Kabupaten Batang melakukan studi banding ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Purworejo, Rabu (9/5). Rombongan tamu sebanyak 14 orang dipimpin Ketua DPRD Batang H Imam Teguh Raharjo, diterima oleh Kabag Humas dan Protokol Setda, Agus Ari Setyadi, S.Sos. di Ruang Otonom Gedung Setda.

Agus Ari Setyadi yang mewakili Bupati mengatakan, pengelolaan arsip dan perpustakaan (Arpus) merupakan pekerjaan yang sangat penting. Karena jika kurang teliti bisa menimbulkan permasalahan hukum.

“Tapi anehnya masih ada yang merasa bingung bertugas di Arpus karena tidak tahu apa yang harus dikerjakan. Saya kira anggapan seperti itu harus dibuang,”tandas Kabag Humas.

Menurut Agus, Arpus memiliki banyak program penting hingga menembus ke desa dan sekolah. Bahkan Arpus Purworejo mampu membuktikan prestasi di tingkat provinsi Jawa Tengah maupun nasional.

Sementara itu Ketua DPRD Batang H Imam Teguh Raharjo menyatakan kagum dengan pengelolaan Arpus di Purworejo. Arpus di Purworejo dinilai sangat bagus dibanding Batang. Apalagi setelah Batang pisah dari Kabupaten Pekalongan sejak 1966.

“Tujuan kami ke Purworejo adalah untuk ngangsu kawruh tentang pengelolaan Arpus,”katanya.

Menurutnya, Batang membawahi 15 kecamatan terdiri atas 39 desa dan 9 kelurahan. Produk unggulan antara lain emping limpung, batik grinsing, dan wisata pantai.

“Dari sektor wisata, akan terus ditingkatkan. Sedangkan proyek besar akan dilaksanakan pembangunan PLTU terbesar se Asia Tenggara. Juga rencananya pelabuhan internasional yang akan dibangun di Batang,” ujarnya.

Kasi Kearsipan Didi Budi Prasetyo S.Sos, MM menjelaskan, tahun ini Purworejo berprestasi di tingkat provinsi, yakni yakni Juara I Arsiparis Terampil, dan juara II Arsiparis Ahli.

“Dukungan Pemkab Purworejo berupa terbitnya Perda tentang penyelenggaraan kearsipan, Perbup dan pembangunan Depot Arsip,”pungkasnya. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *